• dok saya mau tanya, sakit merasakan sakit telinga bagian kiri setelah beberapa hari saya mengorek nya memakai cotton bad, rasa nyeri nya kadang bisa ilang sendiri, tapi sering muncul lagi. pas tadi pagi saya bangun. dengan kondisi telinga saya sakit sebelah kiri seperti berdenyut. jika telinga ditarik ke atas maupun ke bawah, akan terasa sakit. apakah pertolongan pertama yang akan saya lakukan sebelum saya harus mengecek nya ke dokter tempat tinggal saya berada? terimakasih.

    Selamat Siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kebiasaan mengorek telinga dengan cotton buds sering menyebabkan terjadinya infeksi pada telinga luar atau dalam bahasa kedokteran disebut juga dengan otitis eksterna. Infeksi bisa disebabkan oleh beberapa mikroorganisme, terutama yang paling sering akibat bakteri. Beberapa faktor pencetus timbulnya otitis eksterna antara lain:

    1. Karena kelembaban berlebih pada liang telinga. Berenang dan juga keringat berlebih meningkatkan resiko infeksi telinga luar.
    2. Adanya luka di liang telinga, misal akibat kebiasaan mengorek liang telinga dengan cotton bud.
    3. Penggunaan bahan kimia seperti obat pelembut kotoran telinga, dll

    Gejala yang muncul akibat otitis eksterna antara lain adanya nyeri telinga, keluar cairan dari liang telinga , pendengaran bisa berkurang, gatal pada telinga, liang telinga menjadi kemerahan (eritema)dan juga bengkak serta bisa juga disertai demam dan sakit kepala. Untuk memastikan diagnosis penyakit yang anda alami namun perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Anda bisa memeriksakan telinga anda ke dokter spesialis THT untuk memastikan penyebab keluhan serta mendapatkan terapi yang sesuai. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab keluhan.

    Sebelum ke dokter anda bisa mengkonsumsi obat penghilang nyeri seperti paracetamol untuk mengurangi keluhan sakit yang mengganggu serta hindari untuk mengorek telinga anda kembali. Akan tetapi hal ini tidak membuat anda bisa menunda untuk memeriksakan keluhan anda. Anda tetap perlu segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

     

Beranda Tanya Dokter Sakit Telinga Sebelah Kiri Setelah Dikorek

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.