• pagi dok.. mau tanya dok, tenggorokan saya muncul benjolan dari bawah dok, bukan dari samping apakah itu termasuk penyakit amandel dok… dan obatnya apa ya dok…
    sekian terima kasih…

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf pertanyaan yang anda sampaikan masih kurang jelas. Benjolan seperti apa yang muncul, adakah rasa nyeri yang dirasakan, dan lain sebagainya. Saya tak bisa menjawab dengan baik pertanyaan anda jika keterangan nya masih kurang jelas. Lagipula perlu sekali pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan lokasi benjolan yang anda maksud, ukuran dan gambaran klinis lainnya. Hal ini sangat penting untuk penegakan diagnosis.

    Amandel berada di bagian samping kanan dan kiri rongga mulut. Jika membesar maka akan mendesak ke arah tengah dan bisa tampak seperti benjolan yang berasal dari bagian bawah. Amandel merupakan jaringan normal tubuh yang berperan sebagai sistem imun tubuh. Ketika tubuh terserang infeksi maka jaringan ini akan membesar dan mengalami peradangan sehingga menimbulkan rasa nyeri dan kesulitan menelan bagi penderitanya. Infeksi pada amandel disebut juga sebagai tonsilitis. Penyebabnya bisa karena infeksi bakteri, virus ataupun mikroorganisme lainnya. Jika tonsilitis disebabkan karena infeksi bakteri, maka gejala yang muncul berupa demam, nyeri menelan, timbul bintik-bintik nanah di sekitar amandel, pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar tenggorokan. Jika tonsilitis disebabkan virus, gejala yang muncul biasanya lebih ringan dari infeksi bakteri.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda apakah akibat infeksi pada amandel atau karena sebab lain maka harus dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung. Pengobatan tergantung penyebab keluhan. Silakan kunjungi dokter terdekat di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Tenggorokan dan Ada Benjolan Amandel

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.