• Dok sudah 1 minggu ini saya mengalami sakit tenggorokan. Tapi sakitnya tuh pada saat menelan dan makan. Tenggorokan sangat sakit! Sudah minum obat tapi belum sembuh juga! Dan klo tenggorokan kering itu juga sakit. Gimana nih dok? Trus ada yang nggak boleh dimakan?

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sakit tenggorokan merupakan keluhan yang banyak dialami oleh beberapa individu. Hampir tiap orang pernah mengalami keluhan ini. Intensitas nyeri yang muncul mulai dari ringan hingga berat. Penyebab keluhan ini biasanya terjadi karena infeksi. Nyeri di tenggorokan biasa juga disebut sebagai faringitis dalam istilah kedokteran. Faringitis bisa disebabkan oleh infeksi virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Hal ini biasanya berpengaruh juga  dengan daya tahan tubuh pasien. Jika daya tahan tubuh pasien baik maka keluhan ini lebih mudah ditangani.

    Selain karena faringitis, penyebab nyeri tenggorokan juga bisa karena amandel yang membengkak atau biasa disebut sebagai tonsilitis. Sering kali keadaan ini juga terjadi bersamaan atau biasa disebut tonsilofaringitis. Untuk memastikan penyebab keluhan anda harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Silakan konsultasi dengan dokter yang ada di kota anda. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Namun ada beberapa langkah awal yang bisa anda lakukan di rumah yaitu perbanyak konsumsi air putih, mengkonsumsi obat penghilang nyeri seperti paracetamol, konsumsi vitamin C, hindari makanan yang mengiritasi tenggorokan seperti makanan yang terlalu banyak penyedap rasa, santan dan lainnya. Jika anda merokok juga maka hal ini harus dihindari.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Tenggorokan dan Susah Menelan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.