• Dok, saya ica berumur 19 tahun, sudah beberapa bulan ini saya selalu merasakan sakit di dalam perut bagian tengah tepat dibawah tulang rusuk / ulu hati, gejalanya sakit, mual, selalu dibarengi sakit kepala belakang atau pusing juga dan kadang tulang rusuknya yg sakit, badan pun sering lemes. makan pun saya jadi kurang berselera.

    Sakit apa ya dok? Bagaimana cara mengobati dan mengatasinyaa ?

    Terima kasih.

    Selamat Siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri ulu hati sering dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini sering disertai oleh gejala lainnya seperti lemas, sakit kepala dan masih banyak lagi. Keluhan nyeri ulu hati umumnya terjadi karena gangguan di lambung antara lain karena dispepsia. Dispepsia terjadi akibat gangguan fungsional lambung karena meningkatnya kadar asam lambung. Peningkatan asam lambung bisa karena pola makan yang salah, tak teratur, terlambat makan, konsumsi makanan tertentu yang meningkatkan asam lambung seperti makanan terlalu asam, pedas, mie, atau karena kafein dsb.

    Jika asam lambung meningkat dan naik ke kerongkongan maka bisa terjadi gastroesofageal reflux disease (GERD). Gejala yang terjadi mirip dengan dispepsia, namun GERD memiliki gejala lainnya seperti dada terasa terbakar atau panas, sendawa, dada terasa sesak dan masih banyak lagi. Gangguan lambung lainnya antara lain ulkus peptikum baik ulkus duodenum (tukak usus) ataupun ulkus gaster (tukak lambung). Pemeriksaan endoskopi perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana gambaran mukosa usus dan lambung pada ulkus peptikum.

    Oleh karena itu segeralah berkonsultasi dengan dokter secara langsung. Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter untuk memastikan penyebab keluhan yang anda rasakan. Dokter harus melakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Ulu Hati dan Mual

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.