• Selamat malam dok, saya mau tanya tentang gejala-gejala yang menimpa saya saat ini khususnya bagian paru-paru saya.

    Gini dok saya waktu itu sedang mengalami batuk berdahak secara terus menerus saat itu juga dada saya sakit sekali lalu setelah batuk-batuk kemudian saya muntah.muntahan itu nggak berbentuk nasi atau apa melainkan lendir air liur disaat itu pula air mata saya menetes karena kesakitan, dada terasa sesak, nafas tersengal-sengal dan saya merasa tidak tenang.

    Saya ingin tau dok apakah yang saya derita saat ini berbahaya atau tidak terus jenis penyakit apa yang saya derita jika gejala-gejala yang saya alami seperti itu?

    Terimakasih atas perhatian dokter

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Batuk merupakan salah satu keluhan akibat gangguan di saluran pernapasan, baik saluran napas atas maupun saluran napas bagian bawah. Berdasarkan produksi sputum atau dahaknya, batuk dibedakan menjadi batuk produktif (batuk berdahak) dan batuk non produktif (batuk tak berdahak). Ada banyak penyebab keluhan batuk, dalam hal ini adalah batuk berdahak, sehingga informasi tambahan seputar warna dahak yang keluar, lama keluhan berlangsung dan juga keluhan penyerta turut membantu mengidentifikasi kemungkinan penyebab.

    Berikut akan diuraikan beberapa kemungkinan penyebab keluhan batuk berdahak yaitu antara lain:

    1. Infeksi saluran napas atas bisa menyebabkan keluhan batuk baik berdahak maupun tak berdahak disertai keluhan dada terasa nyeri atau sesak jika batuk berlangsung terus menerus.
    2. Tuberkulosis paru merupakan infeksi pada jaringan parenkim paru yang disebabkan bakteri Micobacterium tuberculosis. Keluhan yang muncul biasanya berupa batuk (biasanya produktif) selama lebih dari 3 minggu disertai demam terutama malam hari dalam 1 bulan terakhir, berat badan menurun dan lain sebagainya. Bisa juga disertai dengan keluhan sesak napas.
    3. Bronkhitis juga merupakan infeksi pada bagian paru bawah (bronkhus) akibat mikroorganisme tertentu. Rokok dapat mencetuskan dan memperberat penyakit ini. Keluhan yang muncul bisa berupa batuk, sesak dan lain sebagainya.
    4. Penyebab lainnya

    Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara langsung oleh dokter sehinga dapat ditegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan tersebut.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    terima kasih atas jawaban dokter

    oh ya dok tadi saya periksa ke dokter akbar dan berkonsultasi dengan beliau tentang keluhan saya

Beranda Tanya Dokter Sakit yang Diderita pada Dada Bagian Dalam

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.