• Assamualaikum wr.wb

    dok,saya punya keluhan telinga saya sakit kemudian sy berobat dan ternyata diksh obat tetes mata isinya sulfacetamide saya tidak tau sebelumnya tapi sudah saya tetes nya 1 kali ke telinga saya tapi setelah ditetes itu telinga saya  tidak sakit lagi. nanti berpengaruh sama pendengaran saya gak ya dok?
    trima kasih sblm ny dok

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tetes telinga adalah salah satu bentuk sediaan obat yang sering digunakan untuk pengobatan gangguan telinga. Namun tidak semua penyakit telinga membutuhkan penggunaan obat tetes telinga. Sebelum digunakan, harus dipastikan obat tetes telinga yang dipakai tepat sesuai dengan keperluan. Jika obat tetes yang diberikan ke telinga salah, dalam kasus ini tetes mata, maka sebaiknya dihentikan jangan digunakan lagi. Namun hal ini tidak membahayakan pasien. Berbeda jika yang terjadi adalah obat tetes telinga namun diberikan untuk mata, hal ini bisa menimbulkan keluhan karena obat tetes mata seharusnya bersifat steril sedangkan obat telinga tidak sesteril obat mata dalam pembuatannya. Jika anda sudah terlanjur menggunakan tetes mata ke telinga maka tak perlu panik, cukup dengan menghentikan penggunaan oba tersebut saja. Segera konsultasi kembali ke dokter di daerah anda agar mendapat obat tetes telinga yang sesuai.

    Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan tetes telinga yaitu sebaiknya hangatkan obat tetes telinga dengan menggenggam di tangan selama beberapa menit lalu dikocok botolnya perlahan. Saat meneteskan ke telinga jangan tempelkan langsung ujung botol dengan telinga karena dapat menyebarkan kuman. Jangan pegang bagian lubang ujung botol agar tak mengotori obat di dalamnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Obat Tetes Mata Dipakai untuk Telinga

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.