• Bintik terjadi di bagian tubuh terus merambat kewajah dan kepala

    Mula2 deman dok.trs batuk pilek meler trs byk banget.terus keluar bintik merah d tubuh smpai skrg merabat ke wajah dan kepala.itu anak saya terkena sakit apa ya dok?apkah campak?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan demam disertai batuk pilek dan juga keluar bercak merah di badan hingga wajah bisa disebabkan oleh beberapa penyakit. Berdasarkan foto yang anda lampirkan tampaknya penyebab keluhan anak adalah adalah akibat campak atau morbili. Campak disebabkan karena infeksi virus. Gejala yang muncul biasanya diawali oleh keluhan demam tinggi mendadak khas infeksi virus, kemudian bisa juga disertai keluhan batuk, pilek , nyari tenggorokan, mata merah, dan keluar bercak – bercak merah pada tubuh. Bercak merah pada penyakit campak biasanya dimulai di bagian belakang telinga kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya seperti punggung, wajah, dan sebagainya. Namun sebaiknya memang dilakukan pemeriksaan secara langsung untuk melihat gambaran klinisnya agar tak terdapat kekeliruan dalam penegakan diagnosis.

     

    Ada juga penyakit lainnya yang memiliki gambaran klinis menyerupai campak seperti roseola, rubella (campak jerman) dan beberapa penyakit lainnya. Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda. Jika karena campak maka pengobatannya berupa pengobatan simptomatik saja untuk mengatasi keluhan. Karena sebenarnya penyakit virus bisa sembuh dengan sendirinya selama daya tahan tubuh pasien baik (self limiting disease).

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bintik Merah Setelah Demam pada Anak

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.