• Dok saya melinda. Sudah hampir 6 bulan saya sakit dok. Mulai bagian belakang pantat kiri hingga paha kiri dan betis kiri bagian belkang akan teregang apabila saya luruskan. Bahkan bila dibuat berjalan sakit. Saya tidak bisa tidur terlentang. Dan juga karena sakit itu pantat saya jadi terangkat jadi jika saya berjalan akan seperti bebek pantat saya ikut gerak ke depan dok. Tolong solusinya dok. Saya sudah ke dokter saraf dan disarankan di fisioterapi. Namun tidak ada hasilnya. Dikasih obat anti nyeri juga gak mempan. Terimakasih. Mohon dibalas dok

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri pada bokong belakang menjalar hingga ke tungkai bisa disebabkan karena banyak hal. Keluhan ini umumnya terjadi karena ada gangguan di persyarafan akibat satu dan lain hal. Sehingga yang paling penting adalah menentukan penyebab keluhan, saraf bagian mana yang terkena, sejauh apa progres penyakitnya untuk menentukan terapi yang paling tepat dan memungkinkan.

    Keluhan yang anda alami kemungkinan besar adalah sciatica atau disebut juga dengan ischialgia. Nervus sciatic atau nervus ischiadikus merupakan saraf terbesar di tubuh. Sciatic menunjukkan gejala berupa rasa nyeri atau panas, atau juga terasa baal/ kebas, kesemutan yang menjalar dari punggung bawah, bokong hingga ke tungkai. Sciatic yang berat bisa menyebabkan keluhan sulit berjalan. Kadang keluhan nyeri makin diperberat saat berjalan dan agak berkurang saat berbaring.

    Istirahat (bed rest) adalah terapi konvensional yang paling sering dilakukan. Selain itu bisa diberikan obat penghilang nyeri, muscle relaxant (obat untuk merelaksasi otot), anti inflamasi (anti peradangan), dan obat anti depresan (untuk mengurangi persepsi otak terhadap nyeri). Fisioterapi juga bisa dilakukan untuk membantu pemulihan namun memang butuh waktu yang cukup lama.

    Anda bisa berkonsultasi secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang sesuai sehingga bisa tegak diagnosis penyakit yang anda alami serta mendapat terapi yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Saraf Terjepit di Bagian Paha Belakang

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.