• Dok mau tanya, (umur saya 21 tahun) saya kena sariawan posisinya di bawah lidah terus rasa sakitnya menjalar ke telinga & tenggorokan. apakah itu ada hubungannya dengan gejala penyakit lain ?? karena saya lihat gejala seperti itu termasuk salah satu gejala kanker lidah. terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sariawan atau dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai stomatitis merupakan salah satu keluhan yang cukup sering terjadi pada beberapa individu. Sariawan pasti menimbulkan ketidaknyamanan pada individu yang mengalaminya karena rasa nyeri yang muncul. Sariawan bisa terjadi pada anak – anak hingga lanjut usia. Penyebab keluhan ini antara lain karena:

    1. Kurangnya vitamin terutama vitamin B dan C
    2. Infeksi pada mukosa mulut misalnya karena infeksi jamur dan virus
    3. Kebiasaan merokok
    4. Trauma atau benturan pada mukosa mulut
    5. Makan makanan yang bersifat mengiritasi
    6. Penyebab lainnya

    Jika memang keluhan sariawan sering muncul, dan biasa muncul sekaligus dalam jumlah banyak maka ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebabnya. Kanker lidah memang mungkin menjadi penyebab sariawan pada lidah, namun tentunya bukan ini saja keluhan yang muncul. Sehingga sangat terlalu dini menghubungkan kejadian sariawan dan juga kanker lidah.

    Ada beberapa upaya untuk mengatasi dan mencegah sariawan antara lain dengan menghindari kebiasaan merokok dan makan makanan yang mengiritasi, perbanyak konsumsi vitamin dan juga zat besi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serta hindari trauma atau benturan pada mulut. Pemberian obat oles untuk sariawan seperti obat anti inflamasi dalam bentuk topikal atau oles juga bisa diberikan.

    Silakan baca artikel berikut:

    Penyebab Sariawan di Tenggorokan dan Cara Mengobati

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sariawan di Bawah Lidah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.