• dok saya mau bertanya kenapa sariawan saya seringkambuh dan sekalinya kambuh itu berkelompok dilidahpun ada dok , dibagian bibir saya juga ada yg membiru , terimakasih dok

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sariawan sering sekali dialami oleh hampir tiap orang. Beberapa individu ada yang seringkali mengalami keluhan sariawan berulang. Sariawan dalam istilah kedokteran disebut juga dengan stomatitis. Sariwan merupakan peradangan pada lapisan mukosa mulut, bisa terjadi pada bibir, gusi, lidah hingga langit – langit mulut.

    Ada beberapa penyebab sariawan yaitu antara lain:

    1. Akibat trauma atau iritasi pada mukosa mulut. Misalnya saat bibir tidak sengaja tergigit atau terbentur sesuatu, maka sering kali beberapa hari kemudian akan muncul sariawan sebagai kelanjutan dari proses iritasi yang terjadi.
    2. Akibat daya tahan tubuh yang menurun akibat satu dan lain hal misal pada pasien HIV – AIDS sehingga membuat seseorang mudah sekali mengalami sariawan yang banyak dan sering berulang.
    3. Infeksi virus misalnya Herpes virus bisa menyebabkan keluhan sariawan di mulut. Namun biasanya disertai keluhan lain misal demam, adanya lesi herpes di kulit (terutama sekitar bibir) yang berubah menjadi keropeng dan lain sebagainya.
    4. Kurang gizi misal pada orang yang mengalami diet ketat sehingga kekurangan zat nutrisi tertentu.
    5. Kebersihan mulut yang kurang terjaga, misal banyaknya gigi yang berlubang, karang gigi
    6. Dan lain sebagainya

    Jika memang keluhan sering kali berulang dan sangat banyak ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan secara langsung untuk menentukan penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sariawan Hingga Berdarah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.