• Siang dokter,

    usia saya 20 tahun, saat ini saya sedang menstruasi, setiap kali saya menstruasi saya kesakitan yang sangat bahkan saya tak jarang sampe muntah muntah, dan sudah sekitar 5 bulan ini setiap kali saya akan mentruasi saya pasti mengalami luka seperti sariawan di sekitar vagina dan juga ada gatal terasa panas yang berbentuk bulat bulat kecil putih berisi air, awalnya saya mengalami ini sesudah melakukan hubungan sex, saya merasa sakit saat buang air kecil dan ternyata terjadi luka yang semakin menambah, untuk jalan saja saya susah dok, tapi kalau saya sudah selesai menstruasi luka tersebut juga hilang dengan sendirinya.dan oh iya dok, sebelumnya saya sekitar 3 tahun yang lalu pernah melakukan aborsi dengan menggunakan obat gatsrul, dan sejak sesudah itu saya jika menstruasi tidak pernah teratur, kadang dua bulan sekali bahkan kadang 1 minggu sekali tapi hanya 1-2 hari., yang ingin saya tanyakan kepada dokter yaitu penyakit ini berasal dari saya dulu pernah melakukan aborsi atau karena penyakit lain dok ??

    terimakasih..

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Mungkin yang anda maksud dengan sariawan pada vagina berupa luka di vagina. Luka pada vagina bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain karena:

    • Adanya trauma atau benturan yang menimbulkan cedera atau luka lecet pada vagina. Biasanya terjadi karena vulva yang terasa gatal dan digaruk dengan kuat.
    • Infeksi pada vagina dan vulva baik karena bakteri, virus ataupun mikro organisme lainnya
    • Penyakit menular seksual, misalnya saja Sifilis, Herpes simpleks, ulkus mole dan lainnya
    • Kanker Vulva dan Vagina
    • Penyebab lainnya

    Begitu pula dengan keluhan nyeri saat mens bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari kram perut yang berlebihan, adanya tumor atau kista di rahim, penebalan dinding rahim, infeksi organ reproduksi dan masih banyak lagi.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan langsung ke dokter.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Nyeri Haid dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sariawan pada Vagina, Apa Penyebab dan Solusinya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.