• Dok sekitar 3 hari lalu saya minum minuman keras banyak sekali sampai tidak sadarkan diri itu memang bukan yang pertama kali saya minum, saya membuat beberapa kekacauan yang di luar pengaruh sadar saya, singkat cerita besokannya ketika saya bangun seperti biasa sakit kepala haus dan lain lain, kalo biasa ketika bangun setelah minum kemarinnya saya akan mengambil 2 gelas air putih lalu tidur dan setelah bangun akan segar kembali tetapi kemarin berbeda kepala saya tetap sakit walaupun sedikit singkat cerita saya pergi dan pulang jam 7 badan terasa lemas kepala makin parah tidak nafsu makan perut seperti buncit serasa kembung , saya ambil beberapa obat simpel seperti sanmol dsb lalu tidur bangun jam 10an bukannya tambah sembuh makin parah dok perut sakitnya aneh saya pikir diare saya lihat feses saya warna hitam saya panik gejala apa dok kira kira yang menyerang saya lemas, demam, sakit kepala, feses hitam, perut serasa kembung dan sakit luar biasa

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Feses berwarna hitam yang anda alami mungkin saja akibat buang air besar bercampur dengan darah. Darah yang berasal dari saluran cerna bagian atas akan bercampur dengan asam lambung sehingga mengakibatkan darah yang keluar bersama feses (tinja) menjadi berwarna hitam. Darah berwarna hitam yang bercampur dengan tinja bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain:

    1. Gastritis, merupakan peradangan pada lambung yang bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya obat anti inflamasi ( obat anti radang) seperti natrium diklofenak, piroxicam dan lain sebagainya yang digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, individu yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak juga dapat menyebabkan mukosa lambung menjadi meradang dan bahkan bisa terjadi perdarahan lambung. Keluhan feses hitam juga bisa disertai rasa nyeri pada perut, perut kembung dsb.
    2. Ulkus lambung (ulkus gaster ) dan ulkus pada usus (ulkus duodenum). Ulkus pada lambung ataupun usus bisa membesar dan mengakibatkan robekan pembuluh darah dalam kedua organ tersebut. Hal ini juga bisa dicetuskan akibat konsumsi alkohol dalam jangka panjang. Sama seperti gastritis, juga bisa disertai keluhan nyeri perut, perut kembung dan lain sebagainya.
    3. Sirosis hepatis. Merupakan penyakit fibrosis pada hati. Bisa disebabkan akibat penggunaan alkohol jangka panjang sehingga membuat jaringan hati mengalami penciutan dan menjadi fibrosis. Salah satu gejala yang muncul adalah buang air besar berwarna hitam, perut membesar dan lain sebagainya
    4. Penyebab lain.

    Silakan anda memeriksakan diri ke dokter khususnya dokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
     

     

Beranda Tanya Dokter Saya Bingung Dok, Apakah Ini Gejala Stress?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.