• Dok, bulan ini saya belum haid sudah telat 9 hari, bulan lalu saya haid tgl 24 juli.. saya sudah memakai testpack tanggal 1 kemarin, hasilnya negatif.. terus saya minum obat pelancar haid, yang keluar hanya sedikit sekali darahnya.. apakah itu saya akan haid atau bagaimana dok? Trmksh

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf haid yang anda alami terakhir tanggal 24 Juli atau 24 Juni? Mungkin maksud anda adalah 24 Juni? Telat haid banyak sekali penyebabnya. Kadang keluhan ini muncul karena pola hidup pasien yang sedang tak teratur misalnya karena asupan makanan yang kurang, pekerjaan yang terlalu padat tanpa diselingi oleh istirahat yang cukup, faktor psikosomatis atau stress dan masih banyak lagi lainnya. Jika keluhan ini baru berlangsung dalam beberapa hari ada baiknya anda tak perlu terlalu khawatir, cukup observasi keadaan anda sambil memperbaiki pola hidup anda sehari – hari. Namun jika keluhan ini berlanjut apalagi lebih dari 3 bulan maka sebaiknya segera periksakan diri anda secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan tersebut.

    Kehamilan sendiri bisa menjadi salah satu penyebab keluhan haid. Pada kehamilan di awal minggu sulit untuk menemukan tanda – tanda fisiknya sehingga perlu dilakukan pemeriksaan bantuan dengan alat tes kehamilan yang paling sederhana yaitu tes pack. Namun kadang tes pack belum bisa mendeteksi kehamilan akibat kadar hormon hCg di awal kehamilan yang masih sangat rendah. Tes pack baru dapat mendeteksi kadar hormon tersebut pada kadar 20 mIU. Hasil tes kehamilan menunjukkan hasil positif jika terdapat dua garis yang nampak pada alat tes tersebut. Pemeriksaan lain yang lebih akurat adalah dengan melakukan pemeriksaan USG untuk melihat kantung kehamilannya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksa langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Telat Haid 9 Hari, Saya Hamil atau Tidak?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.