• Dok, saya mau tanya tanggal 30 Mei kemarin saya USG dan dokter di RS mengatakan kalau saya sedang hamil 7 minggu. Sejak saat itu terkadang saya bisa merasakan detak jantung dari arah bawah perut saya. Dan berat badan juga sudah bertambah. Namun 2 hari ini saya merasakan berat badan turun dan pernah juga saya keluar cairan seperti keputihan. Pernah saya BAB dan seperti ada gumpalan merah seperti sebutir gula pasir tapi berwarna merah. Apakah gumpalan merah itu merupakan jantung janin saya yang baru berusia 7 minggu Dok?

     

    Terima kasih,

    GS

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Abortus atau keguguran merupakan pengeluaran hasil konsepsi atau pembuahan di bawah umur 20 minggu. Ada beberapa tanda dan gejala klinis keguguran tergantung dari sejauh apa proses perjalanan keadaan tersebut terjadi. Keguguran dibagi jadi beberapa keadaan yaitu antara lain sebagai berikut:
    1. Abortus iminens artinya keadaan yang mengancam keguguran.pada tahapan ini keguguran belum terjadi namun jika tidak dilakukan pencegahan berupa bed rest dan pemberian obat – obatan penguat kandungan maka keguguran bisa terjadi. Tanda yang muncul bisa berupa perut terasa kram ringan ataupun keluarnya flek – flek kecoklatan.
    2. Abortus insipiens artinya keguguran yang sudah terjadi namun masih dalam tahap awal. Tanda yang muncul antara lain berupa nyeri perut, keluarnya darah dari kemaluan tanpa disertai keluarnya jaringan.
    3. Abortus incomplete artinya keluarnya sebagian hasil konsepsi. Tanda yang muncul antara lain berupa nyeri perut yang cukup hebat disertai keluarnya hasil konsepsi namun belum keluar seluruhnya.
    4. Abortus komplit adalah keluarnya hasil konsepsi secara keseluruhan. Gejala yang muncul berupa rasa nyeri perut walaupun tak sesakit abortus incomplete. Telah keluar semua hasil konsepsi dari rahim.
    Untuk memastikan diagnosis dari keluhan anda silakan memeriksakan diri anda secara langsung ke dokter kandungan agar mendapat pemeriksaan fisik dan penunjang secara detail.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    ass,

    mau tanya nih dok..

    kemarin lusa saya mengalami pendarahan cukup bnyak mnghabiskan 1 pembalut penuh, tetapi skrang sudah berhenti. tapi sampai skrg msih mengalami keram perut dan lemes sekali.

    usia kandunganku sekitar 12 mngguan. apa ini keguguran atau knpa? dan apa yg hrus saya lakukan?

    terimakasih,

Beranda Tanya Dokter Saya Keguguran atau Tidak Dok?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.