• assalamualaikum dokter..

    Saya lina umur 20thn.. Dok saya punya keluhan seperti flu, awalnya flu biasa, mengeluarkan lendir, memang suka sakit rasanya kalo posisi kepala sujud dibawah, atau sedang aktifitas lainnya.. Ingus hanya keluar hidung bagian kanan, awalnya sakit biasa dibagian hidung kanan mata kanan dan telinga kanan.. Saya pikir bakal hilang.. Beberapa bulan dibiarkan.. Malah kadang lendir (ingus) suka keluar hampir setiap hari.. Pada saat saya keluarkan, turun ingus baru, rasanya sakit sekali, bahkan malah sekarang setelah beberapa bulan jadinya sakit di bagian batang hidung kanan, mata kanan, telinga dalam bagian kanan, gigi bagian kanan, sampe kepala belakang.. Rasanya sangat sakit..

     

    Saya sakit apa ya dokter? Rasanya ga tahan sakitnya, saya belum berani ke rumah sakit dok..

    Waalaikum salam ww wb. Selamat Siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan seperti flu yang mengeluarkan lendir disertai rasa sakit rasa jika posisi kepala sujud di bawah, ataupun saat aktifitas lainnya bisa disebabkan karena beberapa hal. Awalnya mungkin hanya karena rhinitis (infeksi pada rongga hidung) namun jika keluhan terus menerus dan sekret (ingus) terperangkap di rongga sinus maka bisa menyebabkan terjadinya sinusitis. Sinusitis merupakan infeksi pada rongga sinus yang memiliki gejela klinis antara lain:

    1. Nyeri kepala
    2. Nyeri di wajah baik pada dahi, pipi, belakang mata dan lain sebagainya tergantung sinus yang terkena. Rasa nyeri makin memberat saat posisi kepala di bawah (posisi sujud)
    3. Demam
    4. Post nasal drip (ingus yang mengalir ke tenggorokan)
    5. Bisa mengalami keluhan hidung tersumbat dan penurunan penciuman
    6. Gejala klinis lainnya

    Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang seperti foto rontgen waters untuk memastikan adanya cairan yang menumpuk di rongga sinus. Oleh karena itu ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pasti penyebab keluhan serta mendapat terapi yang sesuai dengan diagnosis. Terapi juga ditentukan oleh penyebab infeksi sinus, serta dipengaruhi oleh waktu perjalanan penyakit, tingkat keparahan dan lain sebagainya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Keluar Ingus Terus dari Hidung dan Terasa Sakit

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.