• Dok saya sedang hamil.. kuku jempol saya sakit,keluar nanah tapi sedikit.. cara mengatasinya bagaimana ya? Di cabut atau diobati saja?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Cantengan atau dalam istilah kedokteran disebut dengan paronikia merupakan infeksi pada jaringan lunak sekitar kuku. Infeksi umumnya terjadi karena bakteri namun bisa juga terjadi karena jamur ataupun mikroorganisme lainnya. Gejala yang muncul pada paronikia antara lain berupa rasa nyeri pada jaringan sekitar kuku, merah, bengkak, kadang bisa keluar nanah dan darah. Jika infeksi menyebar ke kuku dapat membuat kuku menjadi tak sehat dan mati sehingga akhirnya terlepas dari bantalannya.

    Cantengan umumnya terjadi karena kebiasaan memotong kuku terlalu dalam, kebiasaan mengorek kuku, pemakaian sepatu yang terlalu sempit dan lainnya. Pengobatan umumnya dengan antibiotik jika karena infeksi bakteri dan obat penghilang nyeri (analgetik) serta obat anti bengkak (anti inflamasi). Namun jika dari hasil peemeriksaan jaringan kuku banyak yang sudah mati maka akan dilakukan ekstraksi atau pencabutan kuku. Ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung oleh dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik untuk menentukan diagnosis pasti penyebab keluhan anda serta mendapat terapi yang sesuai dengan tahapan perjalanan penyakitnya serta sesuai dengan kondisi anda yang sedang hamil. Sebaiknya jangan mengobati keluhan anda sendiri. Pengobatan harus sesuai penyebab keluhan. Pemilihan antibiotik dan obat analgetik serta antiinflamasi pun harus dipilih yang aman untuk kondisi anda yang sedang hamil.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Cantengan pada Ibu Hamil

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.