• Selamat sore dok mau nanya saya terkena gatal2 dan terdapat seperti bisul air di beberapa tempat tetapi karna saya garuk akhirnya luka luka dok, dan saat saya ke dokter ia bilang mungkin scabies dan saya dikasih minum obat dan salep, tp setelah minum dan dikasih salep itu makin banyak dok, bagaimana cara mengatasinya dok? Karna perkiraan saya, saya mengalamin gatal ini dari kamis kemaren dok stelah saya naik kereta dok. Bagaimana kah cara membunuh tunggau yg bersembunyi didalam kulit?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Skabies merupakan infeksi akibat parasit Sarcoptes scabei yang umumnya menyerang kulit di telapak tangan, sela jari, kaki, bahkan hingga ke area kemaluan. Penyakit ini umumnya menular dan biasanya terjadi pada beberapa anggota keluarga yang tinggal serumah. Terapi untuk kasus ini sebenarnya tidak terlalu susah namun memang harus dituntaskan sepenuhnya terhadap beberapa anggota keluarga yang sama – sama terinfeksi, karena jika hanya salah satu saja maka mata rantai penularan tidak akan terputus.

    Ada beberapa obat – obatan untuk mengatasi skabies antara lain:

    1. Salep 2-4 yang harus digunakan minimal 3 hari berturut – turut.
    2. Salep gameksan, dioles di lesi selama 10 jam atau lebih
    3. Permetrin 5 %, dioles di lesi selama 8 sampai 10 jam baru kemudian dibilas dengan air bersih. Jika belum membaik, bisa diulang 1 minggu kemudian

    Selain obat – obatan, perlu dilakukan tindakan sebagai berikut untuk membantu penyembuhan yaitu:

    • Cuci semua pakaian hingga alas tidur (sprei atau sejenisnya) dengan air panas.
    • Mandi teratur dengan sabun.
    • Jangan gunakan pakaian ataupun handuk secara bergantian dengan orang yang juga terinfeksi
    • Apabila ada yang sakit Skabies (gudik), periksakan semua anggota keluarga yang kontak dengan penderita. Jika ternyata menderita skabies, obati semuanya secara serempak agar tidak terjadi penularan ulang.

    Namun jika keluhan belum membaik ada baiknya anda konsultasi ulang untuk memastikan apakah benar penyebab keluhan anda adalah skabies atau bukan serta memastikan cara pakai obat yang anda gunakan sudah tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bisul Air (Scabies) Bagaimana Mengatasinya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.