• Selamat Malam Dok, Saya punyak anak umur 1tahun 1bulan, anaknya kuat makan dan kuat minum susu tapi anak saya kurus dan perutnya agak besar Dok. apakah anak saya termasuk anak cacingan

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Anak kurus walaupun kuat makan dan minum belum tentu diakibatkan karena cacingan. Begitu pun dengan keluhan perut yang membesar. Sebenarnya cacingan juga banyak jenisnya tergantung dari cacing penyebab infeksi, organ tubuh yang terserang, dan juga tingkat keparahannya. Pada anak yang paling sering adalah akibat cacing kremi. Infeksi cacing kremi biasanya karena higiene tubuh yang kurang terjaga.

    Gejala cacingan yang muncul akibat cacing kremi antara lain: gatal di sekitar anus (bokong), terutama saat malam hari. Selain itu adanya vaginitis (infeksi pada vagina). Hal ini terjadi jika infeksi cacing tidak diobati, maka dapat menyebar sehingga menimbulkan vaginitis. Keluhan lain yang muncul antara lain keluar cacing saat anak buang air besar, cacing biasanya berukuran 1 cm dan sering bercampur pada feses/ tinja atau bisa juga terlihat di bokong anak. Selain itu pasien yang terinfeksi cacing kremi mungkin juga merasakan keluhan – keluhan berikut antara lain perut sakit, mual, dan lain sebagainya.
    Untuk memastikan penyebab keluhan anak anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter. Namun ada baiknya juga menjaga kebersihan anak anda dengan mencuci tangan di air mengalir disertai menggosok sela – sela kuku sebelum makan dan sesudah dari toilet ). Hal ini dapat menghentikan penyebaran infeksi akibat cacing ini.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Anak Kurus Tetapi Perutnya Besar

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.