• Selamat pagi dokter,

    ferdi mau nanya ,cacing yang paling berbahaya cacing ap ya dok.

    Terima kasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebenarnya tidak ada definisi cacing paling berbahaya atau tidak. Setiap cacing yang ada di tubuh manusia sifatnya sebagai parasit artinya memiliki efek buruk bagi tubuh manusia. Setiap cacing yang menginfeksi jika tidak ditangani dengan baik maka akan menimbulkan efek yang berbahaya. Berikut akan dijelaskan beberapa cacing yang menginfeksi dan menimbulkan keluhan bagi manusia, yitu antara lain:

    1. Cacing kremi (Enterobius vermicularis) adalah penyebab cacingan yang paling sering, bisa dialami oleh anak – anak hingga orang dewasa. Namun kasus cacingan akibat kremi paling sering terjadi pada anak-anak. Gejala yang muncul akibat cacing kremi antara lain: gatal terutama malam hari di sekitar anus (bokong), vaginitis (infeksi pada vagina), keluar cacing saat anak buang air besar, sakit perut , mual, dan lain sebagainya.
    2. Cacing tambang, memiliki beberapa gejala berikut yaitu antara lain: nyeri ataupun kram perut, mual, demam, adanya darah pada tinja/ feses pasien, nafsu makan menurun, gatal, gejala anemia (lemah, letih, lesu, pucat), dan lain sebagainya.
    3. Cacing Pita, menimbulkan gejala antara lain: nyeri perut, ilang nafsu makan, erat badan menurun, gangguan pada usus. Jika infeksi berat akan timbul kejang, gangguan pada otot hingga kerusakan mata, dll
    4. Dan lain sebagainya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Cacing yang Paling Berbahaya Cacing Apa Ya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.