• dok,  Kenapa (apa penyebab) seluruh sisi telapak kaki  saya, terutama bagian tengah sering terasa dingin, kesemutan dan kayak di tusuk tusuk jarum, baik cuaca panas maupun dingin, apalagi pas malam hari paling terasa,

    Padahal aktivitas saya sehari hari banyak bergerak, lari pagi. bahkan setiap hari minimal saya jalan kaki 4 – 6 km, karna saya kerja di lapangan (di luar ruangan) tidak merokok dan miras.

    Saya sudah coba

    1. Di pijat / Urut
    2. Olesin Balsem
    3. Pake koyo cabe

    Tapi semua itu sama sekali tidak ada perubahan.

    Mohon Penjelasan, dan Cara mengobati

    TERIMA KASIH

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan kesemutan atau kaki terasa tertusuk – tusuk dan lainnya bisa disebabkan oleh banyak hal. Biasanya sering terjadi karena adanya gangguan di persarafan yang disebabkan karena satu dan lain hal. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab yaitu antara lain:

    1. Neuritis atau inflamasi (peradangan pada persarafan) bisa menyebabkan keluhan kesemutan dan juga terasa tertusuk. Penyebab keluhan ini bisa karena infeksi, kekurangan vitamin, efek samping obat – obatan, ataupun karena sebab lainnya.
    2. Stroke juga bisa menimbulkan gejala kesemutan dan tebal pada ekstrimitas (alat gerak) hingga terasa lemah dan tidak bisa digerakkan sama sekali. Stroke umumnya terkait dengan gangguan di tekanan darah, bisa terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.
    3. Neuropati diabetik atau merupakan gangguan persarafan akibat komplikasi akibat penyakit kencing manis pada sel saraf bisa menimbulkan gejala kesemutan, baal dan lain sebagainya.
    4. Faktor pekerjaan juga bisa mempengaruhi keluhan kesemutan dan telapak kaki terasa tebal, misal kerja dengan beban terlalu berat juga bisa menimbulkan gangguan tersebut.
    5. Konsumsi rokok dalam jumlah banyak setiap harinya selama bertahun – tahun dapat menyebabkan buerger disease yang salah satu gejalanya berupa rasa dingin, tebal pada telapak kaki serta rasa kesemutan.
    6. Defisiensi atau kurangnya asupan nutrisi
    7. Infeksi
    8. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung. Pengobatan tergantung penyebab keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Seluruh Sisi Telapak Kaki Dingin, Pegal, Kesemutan, Kayak di Tusuk2 Jarum

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.