• buk masi h terkait yang kemaren bayi saya…sudah dibawah ke spesialis dikasi obat oralit,zinc,lactobe dan yang satu lagi nggak tahu saya merek obatnnya..menurut saya habis minum oralit, semakin mencert dan buang air kecilnya kdang-kadang warna kayak cairan oralit
    t bu..gimana t bukk,,? apakah oralit emang kayak gitu cara kerja obatnya bukkk..,

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Diare merupakan buang air besar lebih dari tiga kali dengan konsistensi feses yang cair. Penyebabnya beraneka ragam, yang paling sering karena infeksi baik karena bakteri, virus ataupun lainnya. Tatalaksana utama pada diare adalah perbaikan cairan. Pemberian asupan cairan sangat penting untuk mencegah terjadinya komplikasi berupa dehidrasi (kekurangan cairan). Pemberian cairan bisa dengan air putih, jus, (ASI pada bayi), oralit dan sebagainya. Prinsipnya adalah mengganti cairan yang hilang dengan cairan baru.

    Pemberian oralit merupakan salah satu upaya pemberian cairan pada pasien diare. Tidak ada efek samping semakin mencret dengan pemberian oralit. Frekuensi buang air besar yang makin banyak kemungkinan karena infeksi yang terus berlangsung. Anda tak perlu khawatir selama asupan cairan diberikan dengan kuantitas yang cukup. Jika memang tak nyaman dengan pemberian oralit, maka bisa diberikan asupan cairan lainnya yang sesuai. Pada bayi bisa dilanjutkan pemberian ASI nya sesering mungkin. Jika bayi sudah lebih dari 6 bulan maka bisa lewat air perasan buah, air putih, air tajin dan lain sebagainya.

    Jika tampak tanda – tanda dehidrasi pada bayi berupa bayi gelisah/ rewel atau malah terlihat lemas, mata cekung, kekenyalan kulit kembali lambat, anak tidak mau minum, muntah – muntah maka sebaiknya segera bawa ke dokter sehingga bisa diberikan cairan lewat infus.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Semakin Mencret Setelah Minum Oralit

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.