• Dok saya mau tanya,3 bulan lalu saya baru melahirkan caesar ,setelah itu saya sulit sekali bab sampai 8 hari dok saya lalu tidak bab lagi kemudian saya coba minum laxadine bersama dulcolax saya bab tapi setelah berhenti saya tidak bab lagi dok tapi saya tidak pernah mules sekalipun dok…sampai berminggu” kira itu berbahaya tidak dok…terus kalau boleh dok saya minta solusinya karna perut saya semakin membesar dok…terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sembelit atau dalam istilah kedokteran disebut dengan konstipasi seringkali dialami oleh beberapa individu, tidak terkecuali ibu hamil atau bahkan ibu – ibu paska melahirkan. Dalam beberapa hari setelah melahirkan dengan operasi sectio cesaria, biasanya ibu merasa ingin buang air besar namun seringkali ibu mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan. Ibu cenderung tidak berani untuk buang air besar karena takut menyebabkan luka bekas jahitan menjadi terbuka kembali akibat mengejan. Ditambah lagi rasa sakit dan tak nyaman yang ditimbulkan akibat bekas jahitan, seringkali membuat ibu mengalami kesulitan saat BAB. Hal ini menyebabkan ibu menjadi stres dan berusaha menahan untuk BAB dan jika berlanjut seringkali menimbulkan masalah sembelit berkepanjangan. Pada ibu post operasi sectio secaria umumnya tidak BAB hanya berlangsung 3 sampai 4 hari, dan kemudian akan kembali normal kembali. Namun jika tidak, maka mungkin ada beberapa penyebab atau faktor resiko yang menyebabkan keluhan sembelit terus berlangsung yaitu antara lain:

    1. Obat narkotik sistemik (baik minum atau obat suntik) yang digunakan untuk meredakan rasa tidak nyaman saat persalinan atau masih terus dikonsumsi untuk mengurangi rasa nyeri paska persalinan sering membuat sistem pencernaan ibu menjadi lambat. Hal ini membuat ibu menjadi susah untuk BAB.
    2. Lesi pada perineum, misal akibat ambeien juga bisa menyebabkan semakin sulit untuk BAB. Biasanya pada ibu hamil sering timbul ambeien dan kadang terus berlangsung meski sudah melahirkan.
    3. Kurang asupan serat dan cairan pada ibu paska melahirkan. Apalagi saat ibu menyusui banyak nutrisi dan cairan ibu yang terserap oleh anak yang mendapat ASI. Kurangnya cairan dan serat pada ibu ini menyebabkan keluhan sembelit terus berlangsung.
    4. Dan lain sebagainya.

    Jika keluhan terus berlangsung ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan bisa mendapat terapi yang sesuai dengan keluhan anda. Namun tetap ada baiknya anda menjaga asupan makanan anda, perbanyak asupan cairan, tingkatkan aktivitas fisik dan perbanyak olahraga.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sembelit Setelah Melahirkan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.