• hi dok, saya sudah menikah 7 bulan. saya seharus nya mens tanggal 16 oktober, tetapu hingga saat ini saya belum mens. Ditambah dengan gejala kram perut, paha, kadang sembelit, cepat lelah, terkadang setelah makan justru badan terasa lemas… tidak seperti biasanya.

    Namun tidak mual apakah ini tanda hamil atau hanya mau mens?

    thx u dok

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Telat haid bisa disebabkan oleh banyak hal, bukan hanya karena kehamilan saja. Sebenarnya hal ini sudah banyak sekali dibahas dalam forum ini, jika saja anda membuka forum ini lebih jauh banyak artikel yang membahas seputar tanda di awal kehamilan. Penyebab terlambat haid sendiri bisa karena banyak hal mulai dari faktor kehamilan, gangguan psikosomatis (misalnya stress berlebihan), kekurangan nutrisi, pengaruh obat – obatan tertentu, efek samping KB hormonal, gangguan pada organ reproduksi seperti infeksi, kista, tumor dan lain sebagainya.

    Tanda kehamilan sendiri sangat banyak yang dibedakan menjadi tanda mungkin hamil dan tanda pasti hamil. Tanda mungkin hamil seperti perut membesar, telat haid, payudara membengkak, nafsu makan meningkat, kram perut, flek dari vagina  hingga hasil tes pack positif. Tanda mungkin hamil bisa terjadi pada kondisi lain di luar kehamilan. Sedangkan tanda pasti hamil merupakan tanda yang pasti ada pada wanita hamil dan tak mungkin terjadi pada kondisi lainnya seperti ditemukannya detak jantung janin dan adanya kantung kehamilan. Hal ini bisa dibuktikan dengan pemeriksaan USG. Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakuan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail.

    Silakan baca artikel berikut:

    Beneran Hamil? Inilah Tanda- Tanda Kehamilan Mingggu Pertama

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Seputar Tanda Awal Kehamilan Sebelum Mens

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.