• Selamat malam dok!!! Mau tanya, saya sering kali merasa gatal khususnya di daerah sekitar antara paha atas sampe punggung dan biasanya paling sering terjadi ketika hendak tidur malam

    Gejalanya gatal gatal tapi tidak ada benjolan cuma lecet dan kemerahan kalau sering di garuk.

    Mohon solusinya dok, terimakasih!!!!

     

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gatal merupakan suatu kondisi normal yang bisa dialami oleh tiap individu ketika ada stimulus atau rangsangan pada kulit oleh karena satu dan lain hal. Namun bisa juga rasa gatal timbul karena penyakit tertentu yang mendasarinya, baik karena penyakit primer di kulit atau penyakit sistemik lainnya. Pada kasus yang anda alami dimana gatal terjadi terutama pada malam hari dan tanpa keluhan lainnya seperti bentol sebenarnya cukup banyak penyebabnya, bisa karena kulit yang terlalu kering sehingga membuat ambang gatal meningkat. Selain itu bisa juga karena penyakit infeksi misal karena infeksi parasit Sarcoptes scabei yang memiliki keluhan gatal terutama saat malam akibat parasit yang aktif bergerak pada waktu tersebut. Alergi terhadap udara dingin juga bisa menyebabkan keluhan rasa gatal pada malam hari, gigitan binatang dan masih banyak lagi lainnya yang bisa menyebabkan keluhan ini.

    Pada malam hari rata – rata keluhan gatal akan lebih terasa dibandingkan saat siang hari karena pada saat malam kita akan beristirahat dan mengurangi aktivitas atau kesibukan yang dilakukan. Oleh karena itu ambang rasa gatal akan menurun dan membuat individu tersebut lebih merasakan gatal. Ada baiknya jika memang keluhan gatal sangat mengganggu, anda bisa melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilihat gambaran klinisnya. Namun sebagai langkah awal ada baiknya anda menjaga kelembaban kulit anda misal dengan lotion pelembab, atau bisa juga mengurangi rasa gatal dengan menggunakan bedak mengandung menthol.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Seputar Penyakit Kulit Daerah Paha

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.