• Dok, saya mau tanya seputar sakit jantung, saya merasakan nyeri pada punggung sebelah kiri dan kadang sampai dada sebelah kiri terasa di tusuk dan nyeri, rasa nyeri kadang di dada kiri ini kadang hilang kadang kambuh lagi, tetapi untuk di punggung masih sering sakit dan jika saya pijatka sembuh tetapi kambuh pada malam hari jika kecapean kerja. Saya juga pernah konsultasi ke Dokter umum katanya penyebab hanya sakit pada otot sekitar dada. Apakah ini termasuk gejala sakit jantung atau penyakit lain? dan apa yang harus saya lakukan baik dari segi aktifitas dan makan yang harus saya konsumsi dan harus saya hindari? Mohon penjelasannya. Terima kasih banyak.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab nyeri punggung yang menjalar ke dada kiri bukan hanya berkaitan dengan gangguan jantung, namun juga karena sebab lainnya misalnya gangguan muskuloskeletal (tulang dan otot) yang sering berkaitan atau disebabkan oleh pekerjaan dan aktivitas sehari – hari. Nyeri punggung dan dada akibat gangguan tulang dan otot biasanya berhubungan dengan perubahan posisi tubuh, misal posisi tidur lebih terasa nyaman dan lain sebagainya.

    Jika nyeri dada terjadi akibat penyakit jantung koroner maka biasanya memiliki karakteristik yang khas seperti:

    1. Rasa nyeri dada dirasakan seperti ditekan, diremas, rasa terbakar, ataupun rasa berat di bagian tengah dada atau dada sebelah kiri.
    2. Rasa tidak nyaman atau nyeri dada umumnya menjalar ke leher, rahang, gigi, ulu hati, bahu atapun menjalar ke lengan (biasanya sebelah kiri).
    3. Biasanya disertai keluhan nafas yang memendek, keluhan lemas, mual, muntah dan juga rasa tak nyaman di perut.
    4. Nyeri biasanya distimulus oleh aktivitas berat, olahraga berat (misal lari, futsal, sepak bola), cuaca dingin, stres, emosi berlebihan dsb.
    5. Nyeri dada biasanya berkurang dengan istirahat ataupun dengan minum obat nitrogliserin. Namun nyeri dada ini bisa juga muncul saat istirahat.
    6. Keluhan jantung juga bisa muncul berupa nafas yang memendek dengan atau tanpa keluhan nyeri dada.

    Silakan konsultasi secara langsung dengan dokter secara langsung agar bisa dilakukan pemeriksaan yang mendetail guna penegakkan diagnosis dan pemberian terapi yang sesuai dengan kondisi anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Seputar Sakit Jantung

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.