• dok, saya sering biduran tanpa tahu apa penyebabnya, ketika saya pergi ke dokter yang berbeda, jawabanya pasti berbeda pula sehingga saya pun pusing sesuatu apa yang harus saya jauhkan agar tidak sering kambuh lagi… saya biduran bisa hampir 3 kali seminggu..

     

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Biduran atau bentol – bentol yang terasa gatal pada tubuh disebut juga urtikaria dalam istilah kedokteran. Urtikaria merupakan suatu reaksi vaskular yang muncul pada kulit dengan gambaran klinis berupa bentol – bentol yang yang halus dan bersifat sementara serta seringkali disertai rasa gatal. Bentol – bentol biasanya akan hilang dalam waktu beberapa jam. Kebanyakan biduran sembuh sendiri dan waktu terjadinya hanya sebentar, jarang yang lebih dari beberapa hari. Namun biduran seringkali berulang.

    Biduran atau urtikaria bisa terjadi karena beberapa sebab antara lain alergi terhadap cuaca (baik terlalu dingin ataupun panas), alergi makanan, obat –obatan, gigitan serangga, kontaktan ( misal: kutu binatang, serbuk tekstil, air liur binatang, tumbuh – tumbuhan, buah – buahan, bahan kimia, kosmetik), trauma fisik, infeksi dan lain sebagainya. Sehingga pengobatan yang paling penting sebenarnya justru dengan menghindari paparan bahan-bahan yang mencetuskan serangan urtikaria.

    Karena banyaknya kemungkinan penyebab biduran (urtikaria) maka sebenarnya yang bisa mengidentifikasi penyebabnya adalah pasien sendiri. Dokter hanya memberikan kemungkinan – kemungkinannya, namun yang bertugas untuk mengidentifikasi secara langsung adalah pasien. Oleh karena itu ada baiknya mulai sekarang anda mengamati dan mencoba mengidentifikasi apa saja yang menjadi pencetus munculnya serangan biduran agar keluhan biduran tidak berulang. Selain dengan menghindari paparan, keluhan gatal dan bentol bisa dikurangi dengan pemberian obat antihistamin. Kulit yang kering akibat sering digaruk juga bisa diberikan krim atau losion pelembab. Kulit yang terlampau kering memang dapat menyebabkan rasa gatal semakin meningkat sehingga bisa disarankan mengaplikasikan losion ataupun krim pelembab, misalnya krim/losion yang mengandung urea 10%, dan lain sebagainya.

    Namun jika setelah diamati masih juga anda susah untuk mengidentifikasi, dan keluhan masih sering berulang maka ada baiknya anda memeriksakan diri kembali ke dokter. Bisa dilakukan beberapa pemeriksaan misalnya tes kulit (uji gores atau uji tusuk, tes eliminasi makanan ataupun pemeriksaan lainnya untuk mencari alergen penyebab. Silakan konsultasi langsung dengan dokter yang merawat anda untuk menentukan pemeriksaan apa yang paling tepat sesuai kondisi anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sering Biduran, Apa Penyebabnya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.