• siang dok…maaf saya mau tanya anak saya baru 3bulan dan 2 minggu ini dia sehari bisa sampe 5 or 6 x BAB…kadang berwarna hijau seprti berbiji..dan kadang tidak…biasanya kalau mau bAb dia suka menangis seperti kesakitan…apa mungkin karena mules perutnya ya dok…yg ingin saya tanyakan.wajar ngk sih dok BaB nya.trs yg membuat dia menangis itu karena apa…lalu bagaimana cara mengatasinya…

    makasih atas waktunya dok..dan mohon penjelasannya…

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Buang air besar pada bayi seringkali berbeda frekuensi nya antara bayi satu dengan bayi lainnya. Frekuensi buang air besar (BAB) pada bayi secara umum akan semakin berkurang seiring pertambahan usia bayi tersebut. Hal ini dikarenakan usus yang telah berkembang lebih sempurna seiring dengan bertambahnya usia sehingga usus tersebut dapat menyerap ASI ataupun susu formula lebih baik. Pada saat bayi memasuki bulan kedua, beberapa bayi bisa mendadak mengubah frekuensi buang air besar (BAB) dari yang sebelumnya beberapa kali dalam sehari menjadi sekali dalam tiga hari. Adapula yang mengalami 4 sampai 6 kali buang air besar dalam sehari. Hal tersebut tidak menjadi masalah selama bayi masih terus mau menyusu, gerak aktif, sehat, dan tidak ada keluhan lain yang menyertainya.

    Warna dan konsistensi feses (tinja) biasanya sangat dipengaruhi pola makan yang diperoleh bayi. Jika bayi mengkonsumsi ASI ekslusif maka umumnya tinja menjadi lebih lembek, berwarna kuning tua dan seperti berbiji-biji. Jika bayi mengkonsumsi susu formula umumnya memiliki konsistensi feses yang padat dan berwarna kecoklatan. Beberapa bayi ada yang menangis saat buang air besar dikarenakan rasa sakit, meskipun pada umumnya reaksi yang tergolong normal. Namun yang perlu diperhatikan adalah konsistensi tinja yang keluar, jika tidak keras maka anda tidak perlu khawatir. Berikan rasa nyaman pada bayi dengan mengusap- usap perutnya saat ia hendak buang air besar, serta pastikan pola makan dan juga konsistensi makanan anak anda agar sesuai dengan umurnya.

    Jika memang keluhan berlanjut dan semakin sering ataupun makin memberat silakan periksakan bayi anda secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bayi Sering Buang Air Besar seperti Berbiji

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.