• Selamat siang dok,
    Saya mau konsultasi dok .saya sering buang air kecil siang maupun malam ..tadi saya sudah buang air kecil tapi rasanya belum tuntas belum ada 5 menit kencing lagi.dari pagi jam 8 pagi sampai jam 12 siang saya sudah kencing hampir 10 kali dok..warna urine nya sih bening g kuning g coklat dok..tapi dibagian bawah puser kanan diatas bulu pubis kaya ada otot yang kaku ganjal terus bagian belakang lutut kaya ada otot kaku dan panas nyeri gitu saya sudah lebih dri 2bln keluhan ini dok. Mohon penjelasanya dan solusi pengobatanya dok…terima kasih sebelumnya dok

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Buang air kecil merupakan respon normal untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Namun jika buang air kecil berlangsung terus menerus maka tentu menjadi sangat mengganggu. Keluhan sering kencing bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari sebab ringan atau karena penyakit tertentu. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan ini yaitu antara lain:

    1. Konsumsi air berlebihan tentu menyebabkan keluhan sering kencing.
    2. Saat suhu udara yang terlalu dingin, misal udara malam hari, hujan, AC, dsb meningkatkan rasa ingin berkemih.
    3. Konsumsi obat diuretik, misalnya hidroklorotiazid, furosemid dan lain sebagainya. Obat – obat ini biasanya digunakan sebagai obat penurun tekanan darah, namun kadang juga digunakan dalam campuran obat diet (pelangsing tubuh).
    4. Banyak minum minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, minuman berkarbonasi, dsb. Minuman yang mengandung memiliki efek diuretik sehingga menstimulus rasa ingin kencing.
    5. Konsumsi makanan yang banyak mengandung garam. Garam bersifat menarik air sehingga tak heran semakin banyak konsumsi garam maka akan semakin banyak air kemih yang dikeluarkan.
    6. Infeksi saluran kemih merupakan salah satu penyakit tersering yang menyebabkan keluhan kencing berulang. Biasanya disertai juga dengan keluhan tidak puas sehabis kencing atau terasa anyang – anyangan, kadang juga disertai nyeri supra pubik ( bagian perut di atas kemaluan), demam, dan lain sebagainya.
    7. Penyebab lainnya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Sering Buang Air Kecil Terasa Tidak Tuntas

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.