• Permisi dok. nama saya dede, umur 30th. saya sering buang air kecil, sehari sampe 15x lebih. apalagi kalo habis minum kopi sama soda udah pasti bakalan sering. klo malam juga sampe 3x bangun untuk buang air kecil. padahal saya sudah berobat kedokter tapi tetep aja. kira-kira apa penyebab nya?

    Selamat malam Dede,

    Sebagian penyebab sering kencing yang anda alami telah anda sebutkan diatas, seperti minuman berkafein contohnya kopi dan minuman bersoda. Jadi sudah saatnya anda untuk menghentikan meminum Kedua jenis minuman tersebut.

    Adapun penyebab sering kencing selanjutnya yaitu masalah hormon, yang pertama adalah hormon ADH (antidiuretik), Jika kekurangan hormon ini maka gejalanya adalah sering kencing dan sering merasa haus, nama penyakitnya disebut dengan diabetes insipidus.

    Masalah hormon yang kedua adalah hormon insulin, Jika sel-sel jaringan tubuh tidak merespon hormon ini dengan baik, atau produksi hormon ini begitu rendah, maka terjadilah kadar gula dalam darah di Atas normal atau selalu tinggi, nama penyakitnya disebut dengan diabetes melitus. gejala khas nya adalah sering kencing, sering haus dan sering merasa lapar.

    Diperlukan setidaknya pemeriksaan darah untuk memastikan Apakah masalah hormon yang menjadi penyebab sering buang air kecil. dokter juga akan memeriksa urine untuk menentukan penyebab lainnya, seperti adanya infeksi pada saluran kemih.

    Jika pemeriksaan dengan dokter sebelumnya Anda belum merasa puas maka boleh saja anda memeriksakan diri ke dokter yang lain. akan lebih tepat Apabila Anda memeriksakan ke dokter spesialis penyakit dalam.

    Cukup sekian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Sering Buang Air Kecil?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.