• Mlm dok, saya sering sekali buang air kecil apalagi kalau malam rentang waktu hanya 5 menit. tapi tidak disertai rasa sakit. itu kenapa ya dok? 

    Selamat pagi, Tya.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi mediskus.com.

    Data yang anda sampaikan sebenarnya masih kurang lengkap karena penyebab sering buang air kecil sebenarnya sangat banyak sekali, bisa akibat kondisi patologis (penyakit tertentu) ataupun mekanisme normal tubuh. Keluhan sering kencing juga dapat berbeda penyebabnya tergantung usia, jenis kelamin, keadaan lingkungan, dan lain sebagainya. Namun jika dapat dijelaskan secara umum beberapa penyebab sering kencing pada wanita adalah sebagai berikut:

    1. Infeksi saluran kencing. Hal ini terjadi jika keluhan sering kencing disertai oleh beberapa gejala lainnya seperti demam, nyeri atau rasa tidak nyaman pada perut, dan sebagainya.
    2. Diabetes (kencing manis). Keluhan sering kencing juga dapat terjadi pada pasien diabetes melitus, biasanya disertai dengan keluhan sering minum (polidipsi), banyak makan (polifagi) dan juga keluhan lainnya. Namun untuk memastikan perlu dilakukan pemeriksaan gula darah.
    3. Semakin besar uterus (rahim) selama kehamilan maka akan menekan kandung kemih sehingga merangsang buang air kecil yang berulang.
    4. Penggunaan obat diuretik (obat yang merangsang pengeluaran air kemih). Diuretik merupakan salah satu obat-obatan yang biasa digunakan untuk menurunkan tekanan darah, dan obat ini juga merangsang pengeluaran urine lebih sering.
    5. Diabetes Insipidus. Akibat gangguan hormon ADH.
    6. Konsumsi air berlebihan. Jika kita banyak minum tentu saja akan menyebabkan seringkali buang air kecil. Apalagi jika minuman yang dikonsumsi memiliki efek diuretik. Hal ini menyebabkan pengeluaran urine semakin sering dan banyak, misalnya kopi, alkohol.
    7. Suhu udara yang terlalu dingin, misal udara malam hari, hujan, AC, dsb. Hal ini juga menyebabkan peningkatan pengeluaran urine, karena hanya sedikit cairan dalam tubuh yang dikeluarkan lewat keringat.
    8. Stress berlebihan juga dapat meningkatkan rasa ingin buang air kecil sehingga menjadi sering bolak balik untuk berkemih.
    9. Dan lain sebagainya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sering Buang Air Kecil Terutama Malam Hari

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.