• Siang dok, saya mau tanya. Td hbs bangun tdr saya buang air kecil, warnanya seperti air teh. Stelah itu beberapa menit kemudian saya buang air terus terusan. Keluarnya sedikit2 dan warnanya msh seperti air teh. baru Sejam mungkin udh 10 kali lebih saya buang air. Tapi saya tidak merasakan sakit saat buang air. Itu knp ya dok?

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan buang air kecil (BAK) berulang bisa disebabkan karena masalah ringan, atau karena penyakit lainnya yang lebih berat, atau kadang bukan menjadi masalah sama sekali. Warna air kemih normal berwarna jernih atau sedikit kekuningan. Namun jika terjadi perubahan warna menjadi kuning bisa disebabkan karena faktor kurang minum atau memang ada gangguan di organ pencernaan misal hepar (hati) dan empedu. Jika ada gangguan di hepar, warna air kemih bisa berubah menjadi seperti air teh (kuning sangat gelap). Jadi memang harus dipastikan apakah perubahan warna pada air kemih anda termasuk normal atau kah ke arah penyakit tertentu.

    Keluhan sering buang air kecil bisa disebabkan karena faktor banyak minum, atau konsumsi minuman yang mengandung kafein misal kopi, teh dan minuman berkarbonasi, konsumsi obat –obatan tertentu yang memiliki sifat diuretik (membuat sering berkemih), makan makanan yang banyak mengandung garam, cuaca yang terlalu dingin ataupun karena disebabkan penyakit tertentu misal infeksi saluran kemih dan lain sebagainya.

    Jika memang keluhan sangat mengganggu ataupun di kemudian hari disertai keluhan lain misal nyeri saat berkemih, demam dan lain sebagainya maka sebaikanya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk mencari penyebab pastinya. Namun jika tidak terlalu mengganggu, ataupun tidak disertai keluhan lain maka silakan anda observasi sendiri terlebih dahulu di rumah. Perhatikan asupan makanan dan minuman anda, serta jaga kebersihan area genital anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sering Buang Air Kecil seperti Teh

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.