• Dok saya mau tanya akhir-akhir ini saya sering sekali buang air kecil dengan volume yg sedikit terasa perih, nyeri dan panas. Ini saya alami kurang lebih dari selama seminggu, pertama kali terjadi setelah berhubungan dengan suami saya hingga saat ini, solusinya apa ya dok? Terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri saat buang air kecil disertai rasa panas ataupun sedikit – sedikit bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya:

    • Akibat infeksi saluran kemih (ISK). ISK bisa disebabkan oleh beberapa mikroorganisme misalnya saja E. coli, ataupun kuman lainnya penyebab infeksi menular seksual. Gejala yang muncul bisa berupa rasa nyeri saat berkemih, keluar air kemih sedikit – sedikit, terasa anyang – anyangan atau tidak puas sehabis berkemih, rasa panas ataupun perih dan lain sebagainya. Kadang juga disertai demam.
    • Batu saluran kemih juga bisa menyebabkan keluhan – keluhan nyeri saat berkemih, kencing sedikit – sedikit dan lain sebagainya
    • Penyebab lain

    Untuk memastikan penyebab memang harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter berupa pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang misal dengan cek urine dan lain sebagainya. Penentuan diagnosis yang tepat sangat penting untuk keberhasilan terapi karena pengobatannya berbeda untuk masing – masing penyakit.

    Jika memang karena infeksi saluran kemih akibat bakteri maka perlu diberikan antibiotik. Antibiotik juga harus dipilih berdasarkan kuman penyebab. Karena ada beberapa bakteri yang resisten atau kurang efektif terhadap antibiotik tertentu. Jika karena batu saluran kemih maka terapi tergantung dari letak batu, ukuran batunya. Bisa diberikan pengobatan medikamentosa dengan obat penghancur batu jika memang ukurannya kecil namun bisa juga dilakukan tindakan operatif untuk batu yang berukuran besar atau jika batu pada saluran kemih tertentu.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sering Buang Air Kecil Terasa Perih

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.