• Hai dok, saya putri umur 21 th saya sering sekali buang air kecil terlebih ketika mau tidur entah tidur siang atau malam. Bahkan buang air kecil hampir 10x dalam satu jam dan itu air seni nya keluar sedikit2 dok dan akhir2 ini perut saya suka sakit. Kalau saat saya berbaring perut bagian bawah saya sakit yg akhir nya ingin buang air kecil. Tapi saat air seni nya keluar tidak sakit dok hanya di bagian perut bawah saja yg sakit. Bahkan menganggu saya saat mau tidur dok harus bolak balik kamar mandi   Dan saya jarang sekali minum teh atau kopi. Saya pun tidak trlalu banyak minum air putih saat mau tidur. Tlong di jawab dok terima kasih :)

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sering kencing umumnya sangat mengganggu bagi siapa saja yang mengalaminya. Keluhan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari masalah ringan atau karena masalah tertentu yang lebih berat. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan ini yaitu antara lain:

    1. Konsumsi air berlebihan terutama saat akan tidur. Jika hal ini tidak anda lakukan maka kemungkinan ini bisa disingkirkan.
    2. Udara dingin bisa meningkatkan rasa ingin berkemih, misal pada saat udara malam hari, hujan, AC, dsb.
    3. Konsumsi obat diuretik, misalnya furosemid, tiazid dan lain sebagainya. Obat ini sering digunakan untuk menurunkan tekanan darah, namun kerap kali digunakan sebagai obat diet (pelangsing tubuh).
    4. Konsumsi kafein, seperti kopi, minuman bersoda, dsb.
    5. Makan makanan yang banyak mengandung garam dapat meningkatkan reflek berkemih karena garam bersifat menarik air.
    6. Infeksi saluran kemih, umumnya terjadi karena infeksi bakteri. Gejala infeksi saluran kemih umumnya berupa keluhan bolak balik kencing, nyeri di perut bawah, anyang – anyangan atau keluhan tidak puas sehabis kencing , demam, dan lain sebagainya.
    7. Dan lain sebagainya.

    Silakan anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda karena harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter, baik pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Sering Buang Air Kecil dan Sakit Perut

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.