• Dok, saya mau tanya, saya ibu berusia 27 tahun dan memiliki 1 putra yang saya tanyakan saya sering buang air kecil terus menerus satu hari bisa lebih dari 20 kali, padahal sebelum punya anak saya tidak mengalami ini. apakah ada obat atau mungkin ini dari efek KB 3 bulan yang saya pakai saya tunggu jawabannya dok?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sering kencing bisa jadi masalah yang serius atau bahkan sebenarnya bukan menjadi masalah. Ada beberapa penyebab sering kencing, namun umumnya alat kontrasepsi seperti KB suntik 3 bulan seperti yang anda gunaka tidak memiliki efek samping berupa kencing berulang. Berikut saya jelaskan beberapa kemungkinan penyebab sering kencing, antara lain:

    1. Infeksi saluran kemih. Keluhan kencing berulang sering merupakan gejala infeksi saluran kemih (ISK). Namun biasanya disertai keluhan tidak lampias paska kencing atau terasa anyang – anyangan, kadang juga disertai nyeri di bagian supra pubik ( bagian perut di atas kemaluan), demam, dan lain sebagainya.
    2. Kehamilan juga bisa menyebabkan seorang wanita bolak – balik berkemih. Hal ini disebabkan karena pembesaran rahim (uterus) saat hamil membuat penekanan pada kandung kemih yang terletak di bawahnya sehingga membuat ibu hamil selalu ingin terasa buang air kecil.
    3. Konsumsi obat – obatan yang bersifat diuretik, misalnya hidroklorotiazid, furosemid dan lain sebagainya. Obat – obat ini biasanya digunakan untuk menurunkan tekanan darah, namun kadang juga digunakan dalam campuran obat diet (pelangsing tubuh). Efek yang timbul membuat pasien sering bolak balik berkemih.
    4. Konsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, minuman berkarbonasi, dsb. Kafein membuat peningkatan pengeluaran urine. Sehingga tak heran paska konsumsi kopi seseorang menjadi sering ingin buang air kecil.
    5. Konsumsi makanan yang banyak mengandung garam.
    6. Dan lain sebagainya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sering Buang Air Kecil Terus Menerus

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.