• assalamu’alaikum.

    Saya kan punya keponakan cewe umur 5 tahun. Sudah 2 hari ini mengeluh sakit pada saat kencing dan frekuensi kencingnya lebih banyak daripada biasanya. Dan sering juga ngompol di celana karena kluar sendiri dok. Tadi ke puskesmas juga di periksa saluran kencingnya merah. Dia baru bisa naik sepeda dan kalau naik sepeda sering dipantul2kan dok. Apa itu ya pemicunya dan bagaimana pnjelasannya dok?

    Terima kasih

    Waalaikum salam ww wb. Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sering buang air kecil yang disertai oleh rasa nyeri saat berkemih biasanya terjadi karena infeksi saluran kemih (ISK). Infeksi saluran kemih bisa disebabkan oleh banyak kuman, salah satu penyebab tersering adalah bakteri Escherechia coli. Keluhan yang muncul akibat ISK antara lain nyeri saat berkemih, bisa disertai rasa panas saat berkemih, nyeri di atas kemaluan (supra pubik), demam dan lain sebagainya. Ada beberapa penyebab dan faktor resiko dari penyakit ini yaitu antara lain karena kebiasaan menahan buang air kecil, kencing di toilet umum yang tak bersih, kesalahan saat membasuh kemaluan pasca buang air (seharusnya membersihkan kemaluan dari arah depan ke belakang atau dari arah vagina ke anus), trauma atau benturan pada daerah kemaluan juga bisa menjadi pencetus terjadinya infeksi saluran kemih akibat saluran kemih yang terluka.

     

    Namun untuk memastikan penyebab keluhan keponakan anda silakan anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter. Dokter perlu melakukukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang keponakan anda alami serta memberi terapi yang sesuai dengan keluhan tersebut. Jika benar terjadi infeksi saluran kemih karena bakteri maka perlu diberikan antibiotik yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sering Kencing dan Tak Tertahankan pada Anak 5 Tahun

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.