• Mlm dok,,  umur saya 25 tahun.. saya cewek..

    Dok,, saya suka merasakan pipis tak tuntas tapi hanya setelah makan”an pedas saja.. ataw klo nahan pipis… itu gejalaa apa ya dok..??? Makasih..

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan buang air kecil berdarah kerap kali ditanyakan dalam forum konsultasi ini, bisa berupa nyeri saat berkemih, anyang – anyangan hingga keluar darah saat berkemih. Pada kasus anda dimana terdapat keluhan kencing yang tak tuntas penyebabnya bisa beraneka ragam. Kencing yang tak tuntas sering juga dikeluhkan sebagai anyang – anyangan atau rasa tak puas setelah berkemih sehingga pasien merasa masih ingin berkemih karena kandung kemihnya terasa belum kosong sepenuhnya. Penyebab keluhan ini paling sering adalah akibat infeksi saluran kemih (ISK).

    Infeksi saluran kemih bisa menimbulkan banyak keluhan misal berupa rasa demam, nyeri perut bawah, anyang – anyangan, dan pada tahap berikutnya bisa sampai keluar darah saat berkemih. Infeksi bisa terjadi karena infeksi bakteri, jamur atau mikroorganisme lainnya. Namun yang paling sering adalah akibat infeksi bakteri yaitu Escherechia coli. ISK sering terjadi pada wanita akibat kebiasaan menahan kencing, tak bersih saat membasuh vagina, kesalahan saat membersihkan vagina yang seharusnya dari arah depan (vagina) ke belakang (anus) dan karena faktor resiko lainnya. Jika anda memiliki kebiasaan menahan kencing maka itu bisa jadi penyebabnya. Namun kebiasaan makan makanan pedas tak terkait dengan keluhan ini.

    Silakan anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter untuk memastikan penyebab keluhan yang anda alami. Dokter perlu melakukukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami serta memberi terapi yang sesuai dengan keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sering Kencing Tak Tuntas Setelah Makan"an Pedas

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.