• dok, saya memang tergolong banyak minum air putih tapi kok sering juga buang air kecilnya…ukuran bak sih normal trus ga terasa sakit ato apa. Cuma ya merasa terganggu aja sering bolak balik ke toilet..apakah itu normal?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sering kencing merupakan hal lumrah jika tidak ada keluhan lain yang menyertainya. Ada beberapa keadaan atau kebiasaan individu yang menyebabkan menjadi sering bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Hal – hal berikut merupakan beberapa kemungkinan penyebab keluhan buang air kecil yang sering, yaitu antara lain:

    1. Konsumsi air berlebihan. Makin banyak minum tentu saja akan menyebabkan keluhan sering kencing. Hal ini merupakan respon normal tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan. Apalagi konsumsi air dilakukan saat udara dingin ataupun saat akan tidur malam hari. Air yang dikonsumsi tidak digunakan untuk menjalankan aktivitas tertentu dan tidak pula dikeluarkan lewat keringat karena memang udara yang dingin tidak merangsang pengeluaran keringat. Untuk menjaga keseimbangan cairan maka cairan akan dikeluarkan lewat urine, makin banyak cairan yang menumpuk maka makin sering juga buang air kecilnya.
    2. Suhu udara yang terlalu dingin, misal udara malam hari, hujan, AC, dsb.
    3. Jika ada keluhan lain selain sering kencing seperti nyeri saat berkemih, anyang – anyangan, atau bahkan demam maka keluhan sering kencing bukan karena sebab normal namun lebih kepada terjadinya infeksi pada saluran kemih.
    4. Dan lain sebagainya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Sering Minum Tapi Sering Buang Air Kecil

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.