• Dok, mau tanya. Knp kalo setiap habis makan, entah dirumah or di luar mau sedikit apa banyak makanya tuh selalu muntah, dan muntah nya itu langsung jangka waktu paling lama 15menit doang, jadi tuh malu maluin kalau diajak makan diluar. Dan ini sudah berlangsung 2bln. Makasih,

    Selamat malam,

    Ada beberapa kondisi yang membuat seseorang mengalami mual bahkan muntah setelah makan, antara lain sebagai berikut:

     Stres dan Kecemasan

    Emosi manusia secara signifikan dapat mempengaruhi fungsi tubuh dengan melepaskan hormon tertentu dan mediator kimia. Ketika seseorang cemas atau stres, mungkin langsung mempengaruhi sekresi mediator tertentu dari sistem pencernaan yang dapat mengubah kekuatan lambung untuk menahan makanan, jika hal ini terganggu maka bisa menyebabkan mual bahkan muntah setelah makan.

    Cara mengatasinya yaitu menenangkan diri dan kelola emosi Anda dengan bermeditasi atau bernapas dalam-dalam serta melakukan hal-hal yang menyenangkan.

    Tukak Lambung

    Penyebab paling umum dari ulkus peptikum adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori atau konsumsi obat antinyeri dalam jangka waktu yang lama. Gejala utama dari masalah ini adalah nyeri terbakar di daerah uluhati saat perut kosong. Hal ini juga dapat memicu mual ringan bahkan muntah setelah makan.

    Cara mengatasinya yaitu dengan merencanakan diet sehat dengan sering mengonsumsi buah-buahan, sayuran dan biji-bijian di antara waktu makanan. Makan teratur jangan terlambat

    Reflux Asam Lambung

    Refluks asam, atau naiknya asam lambung kembali ke kerongkongan ( regurgitasi ) karena kelamahan pada sfingter lambung (pintu masuk ari kerogkongan ke lambung). Gejala utama termasuk kembung, bersendawa, dan mual.

    Cara mengatasinya antaralain:

    • Mengambil makanan sedikit-sedikit tapi sering dari pada mengambil makan sekaligus banyak.
    • Jangan makan 2 sampai 3 jam sebelum tidur.
    • Hindari memakai dipasang berpakaian dan ketat sabuk.
    • Jika Anda mengalami obesitas maka berusahalah untuk menurunkan berat badan.

    Dispepsia

    Gangguan pencernaan juga bisa menyebabkan mual setelah makan. Kondisi ini juga dikenal sebagai sindroma dispepsia. Penyebab lainnya mungkin termasuk konsumsi makanan berminyak dan berlemak, makan berlebihan, stres emosional dan konsumsi minuman berkarbonasi. Dalam kasus lain gangguan pencernaan adalah penyebab oleh kondisi seperti kanker perut atau batu empedu.

    Kehamilan

    Hormon kehamilan mengurangi motilitas usus dan karena itu meningkatkan risiko mual dan muntah setelah makan dan gejala terkait lainnya seperti ulu hati rasa terbakar dan sembelit. Semua gejala sementara dan sembuh secara spontan setelah melahirkan.

    Tinggal pilih kondisi mana yang kira-kira sesuai dengan Anda, jika masih bingung maka periksakan ke dokter untuk mengetahui dengan pasti masalahnya dan pengobatan yang sesuai.

    Sekian, semoga bisa membantu.

Beranda Tanya Dokter Sering Muntah Sehabis Makan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.