• Dok,sy sering sekali sendawa dan buang angin setiap saat pagi,siang fan malam lebih dr 20 kali setiap hari. Ini sdh berlangsung bertahun” sejak sy operasi usus buntu dan eleus. Penyebab nya apa ya dok dan bagaimana cara menyembuhkan nya..Trims

    Selamat pagi, terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter gratis di mediskus.com

    Sering bersendawa dan kentut menandakan adanya banyak gas dalam saluran pencernaan , ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal ini:

    Asam Lambung yang Meningkat

    Penyebab tersering terbentuknya gas dalam saluran cerna adalah akibat dari peningkatan asam lambung, kondisi ini dapat diatasi dengan makan sedikit-sedikit tapi sering, menghindari makanan pedas, asam, dan minuman bersoda.

    Di samping itu, kita juga bisa menggunakan obat-obatan untuk mentralisir asam lambung dan mengurangi produksinya, seperti antasida, ranitidine, omeprazole, dan lansoprazole. Lebih lanjut silahkan baca: Obat Maag Penurun Asam Lambung

    Ketidakseimbangan Bakteri

    Gas pada usus juga bisa terbentuk akibat adanya bakteri jahat pada saluran pencernaan. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengonsumsi probiotik yang berisi bakteri baik yang secara alami akan membunuh bakteri-bakteri jahat. Contohnya Yakult, Vitacharm, dan sebagainya.

    Penyebab sering bersendawa dan kentut lainnya mungkin bisa saja terkait dengan kebiasaan dan pola makan sehari-hari, maka hindarilah makanan-makanan penyebab kembung, aktiflah berolah raga, dan berikut adalah tips mengatasi kembung dengan mudah.

    Memang sulit bagi kami untuk mengetahui dengan pasti masalah yang Anda alami tanpa bertatap muka secara langsung, jawaban ini adalah sebagai gambaran semata. Saran kami adalah lakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam, semoga ditemukan solusi yang tepat untuk Anda.

    Sekian, semoga bisa membantu.

Beranda Tanya Dokter Sering Sendawa dan Kentut

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.