• Assalamualaikum wr.wb dokter saya mau tanya, saya sering sendawa, kembung dan perih hampir tiap hari kalau sudah terasa lapar tidak bisa ditahan langsung drop dan perih diiringi sendawa, kira2 itu sakit apa ya dok? Mohon penjelasannya terimakasih.

    Waalaikum salam ww wb. Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sering sendawa, perut kembung dan terasa perih seringkali dikaitkan dengan gangguan di lambung akibat peningkatan asam lambung. Biasanya pasien mengeluh nyeri di ulu hati, kadang juga disertai rasa mual hingga muntah. Gangguan di lambung tersebut sering terjadi akibat pola makan yang kurang baik, misalnya terlambat makan, ataupun karena makan makanan yang mengiritasi lambung, konsumsi obat penghilang nyeri seperti asam mefenamat, piroxicam dan lain sebagainya dalam jangka waktu lama, dan masih banyak lagi.

    Keluhan sering sendawa, perut kembung dan terasa perih seringkali diakibatkan oleh dispepsia atau bisa saja hingga terjadi ulkus peptikum baik berupa ulkus gaster (tukak lambung) atau ulkus duodenum (tukak usus) . Gejala yang muncul dari dispepsia antara lain nyeri ulu hati, mual, bahkan hingga muntah, kadang disertai keluhan sakit kepala dan lain sebagainya, serta biasanya makin diperberat saat perut kosong akibat terlambat makan. Ulkus gaster merupakan gangguan di lambung dengan lesi yang lebih berat daripada dispepsia karena sudah terjadi perlukaan di mukosa lambung pasien. Gejala yang dialami hampir mirip, namun biasanya jika diisi makanan sering bertambah berat keluhan nyerinya. Untuk keluhan ulkus duodenum juga berupa nyeri di perut, sendawa, perut kembung, sering mual, muntah, namun biasanya sering membaik setelah diisi makanan ataupun pasca minum antasida. Untuk menegakkan diagnosis ulkus gaster dan ulkus duodenum perlu dilakukan pemeriksaan endoskopi untuk memastikan kondisi mukosa lambung dan ususnya.

    Untuk memastikan keluhan anda sebaiknya dilakukan pemeriksaan ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan ataupun pemeriksaan penunjang yang memang dibutuhkan sehingga bisa tegak diagnosis penyakitnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sering Sendawa, Perut Perih & Kembung

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.