• Assalamualaikum dok, Saya sering kesemutan bahkan waktu tidur jg kadang tiba2 kesemutan dan telapak kaki tebal. Apakah itu pertanda diabetes dok?? jika iya bagaimana untuk mengatasinya.trimakash

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan kesemutan dan telapak kaki terasa tebal sering kali dialami oleh beberapa individu. Banyak yang mengkaitkan hal tersebut dengan diabetes melitus atau kencing manis. Hal tersebut bisa saja berkaitan namun juga bisa tidak. Karena sebenarnya penyebab kesemutan dan telapak kaki terasa tebal bisa karena banyak hal, misalnya mulai dari:

    1. Stroke dapat menimmbulkan gejala berupa rasa kesemutan dan tebal pada ekstrimitas (alat gerak) hingga terasa lemah dan tidak bisa digerakkan sama sekali. Stroke umumnya terkait dengan gangguan di tekanan darah, bisa terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.
    2. Akibat neuropati diabetik. Merupakan salah satu komplikasi kencing manis yang muncul pada sel saraf sehingga menimbulkan gejala berupa kesemutan, baal dan lain sebagainya.
    3. Faktor pekerjaan juga bisa mempengaruhi keluhan kesemutan dan telapak kaki terasa tebal, misal kerja dengan beban terlalu berat juga bisa menimbulkan gangguan tersebut.
    4. Akibat konsumsi rokok dalam jumlah banyak setiap harinya selama bertahun – tahun dapat menyebabkan buerger disease yang salah satu gejalanya berupa rasa dingin, tebal pada telapak kaki serta rasa kesemutan.
    5. Kurangnya asupan nutrisi
    6. Dan lain sebagainya

    Berhubung penyebab keluhan tersebut sangat banyak sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter. Untuk kemungkinan terkena kencing manis (diabetes melitus) memang perlu dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan gula darah untuk skrining diabetes.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Seringnya Kesemutan dan Kaki Merasa Tebal

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.