• napas sering terasa sesak di dada ketika berbaring. tangan kiri selalu pegal. saya ada riwayat penyakit asma tapi sudah lama tidak kambuh

    Selamat pagi, Pras.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi mediskus.com.

    Penyebab sesak sebenarnya sangat banyak. Sehingga data yang anda sampaikan tentu belum cukup untuk mengarahkan ke penyakit tertentu. Sesak dapat disebabkan karena penyakit di paru, jantung, ginjal, hingga kelainan di darah. Masing – masingnya ada gejala penyerta yang mengiringinya.

    Berikut akan dijelaskan beberapa penyebab sesak, antara lain:

    1. Penyakit ini biasanya memiliki gejala sesak nafas disertai bunyi mengi/ wheezing. Biasanya muncul jika ada faktor pencetusnya seperti udara terlalu dingin, debu, kecapekan, dan lain sebagainya. Keluhan sesak pada asma biasanya tidak tergantung posisi, namun posisi yang dirasa paling nyaman oleh penderita adalah posisi duduk dengan kedua tangan bertopang di lutu (tripod posisi). Asma tidak bisa disembuhkan namun bisa dikendalikan dengan cara menghindari faktor pencetus.
    2. Penyakit paru lainnya, misalnya bronkhitis, tuberkulosis dan lain sebagainya. Penyakit paru biasanya memiliki keluhan utama sesak. Namun tetap ada keluhan lain yang menyertai seperti batuk, demam, dan gejala lainnya tergantung penyebab.
    3. Penyakit jantung. Ada beberapa penyakit jantung memberikan gejala sesak seperti kelainan katub jantung, iskemia jantung hingga gagal jantung. Keluhan sesak biasanya diiringi keluhan lain sesuai dengan penyebab, misalnya bengkak di kaki, jantung berdebar, dan sebagainya.
    4. Penyakit ginjal. Ada beberapa penyakit ginjal yang menyebabkan keluhan sesak salah satunya gagal ginjal.
    5. Dan lain sebagainya.

    Keluhan tangan pegal bisa karena faktor pekerjaan yang lebih dominan menggunakan tangan, bisa karena posisi tidur yang salah dan sebagainya.

    Silakan anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter agar mendapat pemeriksaan secara langsung sehingga dapat diketahui penyebab pasti keluhan anda serta mendapat terapi yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Sesak di Dada Ketika Berbaring

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.