• Dokter, anak saya kmrn habis terkena DB tp sudah diperbolehkan pulang setelah hampir seminggu rawat inap d rumah sakit. Trombositnya blm normal, masih 80000 tp oleh dokter sudah diperbolehkan pulang. Yg saya tanyakan, apakah trombosit anak saya bisa naik dgn sendirinya tanpa harus di infus? Bgmn jika anak susah makan dan minum? Apakah balita tidak buang air kecil selama 12 jam bisa jd tanda2 rendahnya trombosit?

    terimakasih.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kadar trombosit yang rendah atau disebut trombositopenia yang terjadi akibat infeksi demam berdarah dengue (DBD) terjadi karena destruksi (penghancuran) trombosit yang meningkat, penurunan pembentukan trombosit dan juga karena gangguan fungsi trombosit. Trombosit akan kembali normal setelah infeksi teratasi. Karena DBD terjadi oleh karena infeksi virus maka tak ada pengobatan kausatif yang diberikan untuk membunuh kuman penyebab. Penyakit oleh karena infeksi virus merupakan self limiting disease artinya bisa sembuh sendiri. Yang perlu dilakukan hanya memberikan terapi simptomatik untuk mengatasi keluhan. Salah satunya adalah pemberian cairan untuk mengatasi kekurangan cairan akibat DBD. Pemberian cairan bisa menggunakan infus ataupun dengan konsumsi banyak air.

    Jika demam sudah berlangsung melewati hari ke 7 maka fase kritis DBD  sudah lewat, dan biasanya trombosit akan kembali meningkat secara bertahap. Cukup dengan diberikan pemberian minum lewat mulut tanpa infus lagi jika kondisi ini sudah terlewati. Beri anak minum sedikit demi sedikit yang penting sering. Jika anak tak mau minum air putih, maka bisa diberi susu, sirup, jus buah dan lainnya yang penting menambah asupan makanan anak. Jika anak malas makan maka hal ini wajar saja mengingat kondisi tubuh yang masih kurang fit. Sehingga anak bisa diberi sumber tenaga lainnya seperti roti dan sebagainya.

    Tidak bisa menentukan trombosit normal atau tidak hanya karena tidak kencing selama 12 jam. Tidak kencing atau air kencing Cuma sedikit lebih menandakan anak kurang cairan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Setelah Anak Terserang DBD, Apa yang Harus Dilakukan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.