• Dok, ibu saya setiap makan selalu muntah, dan biasanya yang bisa masuk hanya saat makan kerupuk, hal itu terjadi sudah hampir 6 bulan, sudah periksa ke dokter tetapi belum sembuh, kemudian tadi ibu saya muntah darah. Saya mau tanya apakah nama penyakit dg gejala tersebut dan bagaimana solusinya? Terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Muntah darah dalam istilah kedokteran disebut juga dengan hematemesis. Hematemesis bisa dialami oleh beberapa individu karena satu dan lain hal mulai dari sebab ringan hingga penyakit tertentu yang lebih serius hingga tak heran jika keluhan ini bisa menimbulkan kekhawatiran luar biasa bagi individu yang mengalaminya. Keluhan muntah darah bisa diidentifikasi asal perdarahannya dilihat dari beberapa hal, terutama adalah warna muntahan darahnya.

    Berikut akan dijelaskan beberapa penyebab keluhan muntah darah yaitu antara lain:

    1. Gastritis erosif ataupun ulkus pada lambung dapat menyebabkan keluhan muntah darah berwarna hitam karena bercampur dengan asam lambung. Keluhan ini sering diawali oleh gejala mual, muntah, hingga nyeri perut yang terasa ringan hingga berat.
    2. Laserasi atau pecahnya pembuluh darah di sekitar kerongkongan juga bisa menyebabkan keluarnya darah dari mulut, misalnya pecahnya varises esofagus pada pasien sirosis hepatis.
    3. Infeksi pada saluran cerna.
    4. Penyebab lainnya

    Perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu secara langsung, baik berupa pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang guna menegakkan diagnosis penyebab keluhan anda. Silakan anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter di daerah anda. Penentuan diagnosis penting untuk menentukan pengobatan yang akan diberikan karena pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Setiap Makan Selalu Muntah, Terkadang Muntah Darah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.