• Saya mau tanya dok, apkah bahaya kalau gatal di kemaluan di kompres pakek air hangat? Mohon pnjlsannya

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gatal pada kemaluan bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain:

    1. Penyakit kulit sebenarnya tak ada penyebab pastinya, namun sering sekali dihubungkan dengan faktor stress. Penyakit ini bisa menyerang kulit kaki, tangan, selangkangan dan kelamin.
    2. Dermatitis kontak alergi (DKA) maupun dermatitis kontak iritasi (DKI). Keluhan gatal yang terjadi bisa terjadi pada daerah manapun dari tubuh, termasuk kelamin dan selangkangan. Biasanya terjadi akibat kontak dengan bahan alergen ataupun bahan yang mengiritasi, misalnya renda pakaian dalam, bahan wool, jeans, dan lain sebagainya.
    3. Dermatitis atopik juga bisa menimbulkan keluhan gatal pada kelamin ataupun tempat lain. Riwayat atopik harus dimiliki oleh pasien dengan penyakit ini.
    4. Infeksi jamur, misalnya akibat tinea ataupun candidiasis juga sering sekali menimbulkan keluhan gatal pada seluruh bagian tubuh, terutama pada daerah yang lembab seperti kelamin dan selangkangan.
    5. Penyebab lainnya

    Tatalaksana yang diberikan harus berdasarkan penyebab pastinya. Pengobatan tak boleh sembarangan karena malah bisa memperluas keluhan. Kompres dengan air hangat pada daerah kemaluan bisa dilakukan dan tak membahayakan, namun hal ini tidak menghilangkan keluhan.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Gatal di Kemaluan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.