• Saya umur 21 thn, mau nanya dok. Awal januari 2016 saya haid tanggal 17 lalu februari 17. Selanjutnya mundur tanggal 27 maret.. Lalu april saya tidak dapet haid, lalu dibulai mei saya haid tgl 8. Sepertinya kalo saya hitung siklus saya 40-41 hari dr awal pertama haid. Tidak lancarnya siklus saya, dimulai dr bulan februari ke maret. Bagaimana menurut dokter, terjadi sesuatu kah dgn reproduksi saya? Apakah siklus yang tidak lancar seperti itu, merupakan tanda penyakit seperti kista,miom dan infeksi panggul dll. Tolong jelaskan ya dok. Terima kasih:)

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Siklus haid normal memang biasanya berlangsung 28 hari atau 35 hari. Pada kasus anda dimana haid tidak teratur maka sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal. Tidak semua keluhan terlambat haid atau haid yang tak teratur terjadi karena ada masalah di organ reproduksi. Keluhan telat haid atau haid tak teratur bisaa juga karena faktor stress baik di tempat kerja atau di keluarga atau masalah lainnya. Stress bisa memicu terjadinya gangguan hormonal yang berpengaruh pada kelancaran siklus haid. Faktor psikis pasien memang memegang peranan yang cukup penting sehingga merilekskan pikiran menjadi salah satu hal yang sangat baik untuk menjaga siklus haid menjadi lebih teratur.

    Faktor asupan nutrisi yang kurang juga bisa menjadi salah satu faktor pencetus. Seorang wanita yang menjalani program diet ketat atau menjadi vegetarian maka sering membuat gangguan nutrisi yang berpengaruh pada keseimbangan hormonal. Jika anda merasa makanan yang anda makan masih kurang baik secara kualitas dan kuantitas maka sebaiknya diperbaiki.

    Jika tidak ada keluhan lain yang anda rasakan seperti nyeri saat haid, darah haid yang terlalu sedikit atau terlalu banyak, membesarnya perut, dan lain sebagainya maka sebenarnya tak perlu terlalu khawatir. Namun ada baiknua juga anda memeriksakan diri ke dokter khususnya dokter spesialis kandungan untuk memeriksakan kesehatan organ reproduksi anda.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Siklus Haid Mundur, Apa Penyebabnya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.