• Selamat siang dokter..

    2 minggu pasca melahirkan anak ke 2 april 2015 saya pasang KB Spiral, saya baru dapat mens pertama bulan agustus dan itu banyak sekali. dan menstruasi selanjutnya tiap 2 bulan sekali saya mens itupun cuma flek-flek saja dan hanya 1-2 hari saja.
    Apakah normal menstruasi saya itu dok? KB Spiral apakah kemungkinan bisa hamil?

    Terima kasih

    Selamat sore aulia, terimakasih atas pertanyaan Anda di mediskus.com

    Siklus menstruasi selama menggunakan IUD umumnya tidak mengalami masalah atau gangguan seperti pada penggunaan KB pil ataupun suntik. Kalaupun menimbulkan masalah pada menstruasi, penggunaan KB IUD atau spiral biasanya berupa pendarahan yang lebih banyak dan lebih panjang dan mungkin sedikit rasa sakit.

    Mengenai siklus menstruasi Anda yang seperti itu, kecil kemungkinannya jika itu disebabkan oleh penggunaan KB Spiral. Kami lebih mencurigai bahwa itu disesebabkan oleh belum stabilnya hormon reproduksi setelah melahirkan, apabila jika ibu saat ini sedang menyusui (?), maka menstruasi yang seperti itu tergolong wajar dan tidak  masalah.

    Adapun IUD merupakan salah satu jenis kontrasepsi dan tentu saja tidak 100% bisa mencegah kehamilan, namun efektiftasnya tergolong tinggi hampir sama dengan penggunaan KB pil ataupun suntik.

    Sekian, semoga membantu.. apakah ada pertanyaan lebih lanjut? terimakasih.

    Selamat pagi dok..

    Terima kasih atas pejelasannya..

    iya dokter, sampai saat ini saya masih menyusui.. mengingat riwayat menstruasi saya sebelum menikah, siklus nya pun tidak teratur 2 bulan sekali malah kadang 3 bulan sekali, tetapi pas menstruasi darah normal banyak. tidak seperti sekarang setelah pasang IUD hanya flek-flek saja dan kadang flek itu hanya keluar saat saya buang air kecil.

    kira-kira apakah tidak ada masalah dengan IUD di dalam rahim saya dokter, mengingat mereka yang telah pasang IUD tidak seperti yang saya alami.

    Terima kasih

Beranda Tanya Dokter Siklus Menstruasi IUD

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.