• Assallamualaikum wr.wb
    mau tanya dok, saya punya keluhan penyakit pilek+berdarah dok pilek nya udah hampir seminggu lebih tapi disertai deman udah 5 hari yg lalu,trus apa yg harus saya lakukan dok?

    Waalaikum salam ww wb. Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan pilek dengan ingus (sekret) bercampur darah yang disertai demam bisa disebabkan karena banyak hal. Bisa karena iritasi ataupun pecahnya pembuluh darah kapiler hidung akibat mengeluarkan ingus yang terlalu kuat, akibat seringnya menggosok – gosok hidung saat pilek, akibat tingginya suhu tubuh sehingga menyebabkan pembuluh darah kecil menjadi rapuh dan pecah ataupun karena faktor infeksi yang berkembang.
    Jika ditanyakan apakah hal tersebut terjadi karena sinusitis apa bukan maka bisa saja terjadi. Sinusitis sendiri merupakan peradangan pada rongga sinus akibat menumpuknya ingus atau sekret yang terperangkap dan tak bisa keluar dari rongga sinus. Gejala yang dialami antara lain sebagai berikut:

    1. Sakit kepala
    2. Nyeri di bagian wajah misalnya dahi, sekitar alis atau bagian atas mata, bagian belakang mata, pipi. Hal ini tergantung rongga sinus yang terkena.
    3. Kadang disertai keluhan hidung tersumbat
    4. Bisa juga terjadi penurunan penciuman
    5. Keluarnya sekret, bisa berwarna putih, kehijauan ataupun bercampur darah
    6. Post nasal drip (adanya sekret yang mengalir di kerongkongan dan tertelan)

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter sehingga dapat diidentifikasi penyebab keluhan yang anda rasakan serta dapat memperoleh terapi jika memang dibutuhkan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih banyak atas infonya dok :)

Beranda Tanya Dokter Pilek Berdarah Disertai Demam

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.