• Halo Dok, umur saya 17 tahun. Saya mau tanya nih ya Dok.
    Sekitar kurang lebih 2 tahun yang lalu, saya itu sering banged kena flu dan pilek yang berulang terus menerus.
    Awalnya sebelum sakit pasti saya demam kecil dulu, trus abis itu flu dan pilek, setelah itu batuk, lalu sakit tenggorokan sampai pernah volume suara saya sangat kecil, setelah itu pasti sakit kepala yg sangat menyiksa Dok. Bahkan di bagian nadi leher sampai sakit.
    Jadilah semuanya karena flu dan pilek itu, dan untuk sembuh bisa memakan waktu 1 bulan Dok *tanpa ke dokter ya*. Sakit seperti ini juga bukan hanya sekali dua kali tapi berlangsung terus menerus Dok sekitar 1 bulan setelah sembuh.
    Udah beberapa bulan ini saya nggak mengalami sakit seperti di atas Dok.
    Tapi sekitar 4 hari yang lalu setelah saya bangun tidur, bagian dalam hidung saya di sebelah kanan *lebih tepatnya dekat dengan lubang hidung* bengkak dan besoknya rahang atas di dekat hidung juga seperti bengkak di bagian dalamnya. Mata kanan saya jadi sakit dan kepala sangat sakit juga pusing di sebelah kanan.
    Teman-teman saya bilang kalo jangan2 itu sinusitis karena teman saya ada yang mengalaminya dan mereka menyuruh saya untuk periksa.
    Tapi…. Sepertinya itu mustahil Dok._.
    Nahh, kira2 saya itu kenapa ya Dok? Apa ada hubungannya sama sakit saya yang 2 tahun lalu itu? Apa itu gejala sinusitis? *semoga tidak ya Dok*
    Ada cara untuk mengatasinya nggak Dok?
    Makasihh

    Hai Indah Ayu,

    Perlu diketahui bahwa sinusitis merupakan peradangan pada rongga sinus yang terletak di sekitar hidung, rongga sinus tertutupi oleh tulang-tulang wajah; tulang pipi depan dekat mata dan tulang dahi bagian tengah dekat mata.

    Apabila sinusitis terjadi maka akan terasa nyeri pada daerah-daerah tersebut dan biasanya disertai dengan keluarnya ingus yang menetes ke tenggorokan yang bisa dirasakan saat bangun tidur terasa asin-asin di tenggorokan, dan juga bisa disertai dengab gejala demam.

    Adapun keluhan anda sepertinya lebih ke masalah pada rongga hidung, mungkin hal ini bukanlah suatu sinusitis, bisa jadi adanya peradangan atau infeksi bakteri pada permukaan rongga hidung.

    Benar kata teman Anda, untuk lebih mengetahui secara pasti Apa penyebab masalah pada hidung anda, maka sebaiknya periksakan lah ke dokter secara langsung.

    Terimakasih.

Beranda Tanya Dokter Sinusitis atau …?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.