• Siang dok. Saya sudah 1 minggu ini mengalami batuk, dan flu disertai nyeri disekitar dahi dan diantara mata juga daerah pipi sebelah kiri sudah hampir 2 tahun saya mengalami hal ini yg terulang stiap tahunnya.  batuk  lebih parah jika malam ditambah dengan hidung tersumbat. Jika pagi hari saat bangun tidur tenggorokan saya terasa sakit dn tidak nyaman sering kali saya mengeluarkan lendir berupa ingus dri mulut karna hidung masih tersumbat dan sperti terasa penuh dibagian bawah hidung. Saya pernh berkonsultasi dan ktanya sya hnya mnglami radang tenggorokan saja. Tapi saya ragu. Apa saya bisa dikatakan mengidap sinusitis dok?

    Terimakasih .

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sinusitis atau infeksi pada rongga sinus bisa berkembang dari rinitis (infeksi pada rongga hidung) yang sering berulang dan berlangsung lama. Hal ini terjadi karena sekret atau lendir yang dihasilkan dari rongga hidung masuk dan terperangkap di dalam rongga sinus. Jika sekret terperangkap dalam waktu lama maka akan meningkatkan pertumbuhan bakteri di area tersebut sehingga terjadilah sinusitis. Sinusitis bisa terjadi pada sinus ethmoidalis, sphenoidalis, frontalis ataupun sinus maksilaris. Gejala yang muncul hampir sama, yang membedakan hanya nyeri di wajah di sekitar sinus yang terkena.

    Berikut adalah beberapa gejala sinusitis yaitu antara lain:

    1.       Nyeri pada wajah. Nyeri terjadi pada dahi jika yang terkena sinus frontalis, pada pipi jika yang terkena sinus maksilaris, pada belakang mata dan hidung jika yang terkena adalah sinus ethmoid dan sphenoidalis.

    2.       Keluar sekret atau ingus.

    3.       Hidung tersumbat

    4.       Gangguan tidur

    5.       Sakit kepala

    6.       Demam

    7.       Dan gejala lainnya

    Untuk memastikan apakah anda terkena sinusitis tidak hanya berdasarkan pemeriksaan fisik saja. Namun perlu juga dilakukan pemeriksaan penunjang berupa rontgen foto waters untuk mengetahui ada tidaknya ingus yang terperangkap. Oleh karena itu silakan kunjungi dokter spesialis THT di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nyeri di Sekitar Dahi, Sinusitis atau Bukan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.